Pelabuhan Meulaboh padat

id pelabuhan meulaboh,arus balik

Sejumlah penumpang antre untuk menaiki Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 35 di Pelabuhan Jetty Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Rabu (3/1/2018). (ANTARA FOTO/Syifa Yulinna)

Meulaboh, Aceh (ANTARA News) - Masyarakat calon pengguna jasa penyeberangan memadati lokasi terminal dermaga pelabuhan penyeberangan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat dengan tujuan Sinabang Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh.

"Biasanya hari Minggu ada keberangkatan kapal feri, makanya kami ke mari. Dari pagi sampai siang kami tunggu kapal tidak masuk," kata Aldi, salah seorang warga Simeulue, yang ditemui di lokasi pelabuhan, Minggu, sore.

Masyarakat menyampaikan rasa kekecewaannys karena Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Teluk Sinabang yang biasanya melayani jasa penyeberangan untuk lintasan tersebut dikabarkan belum beroperasi pada musim arus balik atau H+2 Lebaran tahun ini.

Seperti hari biasa dan selama arus mudik lebaran tahun 2018, KMP Teluk Sinabang melayani jasa penyeberangan Meulaboh - Sibang pada hari Jum`at dan Minggu dengan jadwal keberangkatan pukul 14.00 WIB.

Sejumlah warga yang berencana ke Sinabang, tidak berani beralih ke dermaga pelabuhan penyeberangan terdekat, yakni di Labuhanhaji, Kabupaten Aceh Selatan, karena dikhawatirkan di sana juga belum melayani pengguna jasa penyeberangan.

"Kalau pun ada, jadwal keberangkatan di Labuhanhaji, tidak ada hari Minggu atau hari Senin (18/6) besok. Kami menanti kepastian jadwal keberangkatan, kalau sudah ada pengumuman baru nanti mengambil lintasan mana yang lebih cepat," jelasnya.

Selain itu, sejumlah kendaraan roda empat dan roda dua terpantau cukup banyak berada di lokasi terminal pelabuhan penyeberangan Meulaboh yang terletak di Desa Tengoh, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat tersebut hingga pukul 18.00 WIB.

Kepala PT ASDP Indonesia Feri, perwakilan Meulaboh, Desrizal Marbeth, yang sebelumnya dikonfirmasi menyampaikan bahwa pihaknya hanya melayani jasa penyeberangan pada arus mudik dan akan off selama Lebaran.

"Seperti biasanya, kalau hari lebaran pertama dan kedua, masyarakat tidak membutuhkan transportasi penyeberangan Meulaboh tujuan Sinabang. Sebab masyarakat sudah pulang kampung dan berlebaran di sana," sebutnya.

Pelayanan jasa yang diberikan ASDP perwakilan Meulaboh kata dia, tidak sama seperti pelayanan jasa dari daratan Banda Aceh tujuan Sabang, di sana merupakan pelayanan jasa yang lebih berfokus untuk masyarakat berwisata ke Kota Sabang.

Pewarta : Anwar
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar