Sumenep, Jatim (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur fokus mendistribusikan logistik Pilkada Jawa Timur 2018 ke jajarannya, yakni panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang berada di wilayah kepulauan.

"Alhamdulillah, distribusi logistik ke PPK di wilayah kepulauan terjauh, yakni Sapeken, Masalembu, Kangayan, dan Arjasa sudah dilakukan," kata Komisioner KPU Sumenep Abd Hadi, di Sumenep, Jumat.

Sumenep terdiri atas 27 kecamatan, dan sembilan di antaranya berada di wilayah kepulauan.

Jadwal pemberangkatan kapal motor penumpang/perahu ke empat kecamatan di wilayah kepulauan terjauh di Sumenep, yakni Sapeken, Masalembu, Kangayan, dan Arjasa tidak setiap hari.

Selain itu, jadwal pemberangkatan kapal/perahu akan ditunda jika kondisi cuaca laut dinyatakan buruk oleh pihak terkait.

Kondisi tersebut yang membuat KPU Sumenep menjadwalkan lebih awal distribusi logistik Pilkada Jatim ke jajarannya di wilayah kepulauan, utamanya kepulauan terjauh, dibanding wilayah kepulauan dekat dan kecamatan daratan.

Apalagi, sejumlah kecamatan di wilayah kepulauan, di antaranya Sapeken dan Masalembu, masih memiliki desa maupun dusun yang merupakan pulau tersendiri atau terpisah dengan ibu kota kecamatan.

"Distribusi logistik ke wilayah kepulauan itu memang memiliki tantangan tersendiri dan beda dengan proses ke kecamatan daratan. Itu yang membuat kami menjadwalkan lebih awal," kata Hadi pula.

Selain empat kecamatan di wilayah kepulauan terjauh, KPU Sumenep telah mendistribusikan logistik ke jajarannya di Kecamatan Gayam, Pulau Sapudi, Kamis (21/6) malam.

"Semoga proses distribusi logistik Pilkada Jatim sesuai yang kami rencanakan. Kami memang mengkhawatirkan kondisi cuaca laut buruk setiap akan mendistribusikan logistik ke pulau," kata Hadi.

Sebelumnya, distribusi logistik Pilkada Jatim yang akan dilakukan oleh KPU Sumenep ke PPK Masalembu, Pulau Masalembu, Selasa (19/6), tertunda karena kapal tidak beroperasi akibat cuaca laut buruk.

Distribusi logistik ke Pulau Masalembu baru bisa dilakukan pada Kamis (21/6), setelah cuaca laut kondusif dan selanjutnya kapal pun bisa beroperasi.

Pada Jumat ini, KPU Sumenep akan mendistribusikan logistik Pilkada Jatim ke Kecamatan Raas, Pulau Raas.

Selanjutnya ke Kecamatan Giligenting (Pulau Giligenting) pada Sabtu (23/6), Nonggunong (Pulau Sapudi) pada Minggu (24/6), Talango (Pulau Talango) pada Senin (25/6).

Sementara distribusi logistik Pilkada Jatim 2018 ke 18 kecamatan di wilayah daratan di Sumenep dijadwalkan pada 24-26 Juni.

Pilkada Jatim 2018 yang akan digelar pada 27 Juni itu diikuti oleh dua pasangan calon gubernur-wakil gubernur, yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak nomor urut 1, dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno nomor urut 2.



Budisantoso Budiman

(T.KR-ZIZ/B/B014/B014) 22-06-2018 06:45:07

Pewarta: Abd Aziz/Slamet
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018