Budi Karya: Jumlah tempat istirahat jadi perhatian pemudik

id budi karya sumadi,rest area,arus balik,lebaran 2018,idul fitri,cikampek-palimanan,jalan tol

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) berbincang dengan penumpang bus saat meninjau arus balik di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Selasa (19/6/2018). Menhub meninjau Terminal Kampung Rambutan untuk memastikan arus balik berjalan maksimal. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Cikarang (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan jumlah tempat istirahat (rest area) di jalan tol, terutama ruas Cikampek-Palimanan (Cipali) menjadi perhatian dan kebutuhan yang harus dipenuhi untuk pemudik, sehingga perlu ada penambahan.

"Tempat istirahat yang ada di Tol Cipali memang masih kurang, karena tol itu justru merupakan titik lelah pengemudi dari arah timur," katanya kepada pers saat menyampaikan evaluasi pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2018 di Cikarang, Jawa Barat, Minggu.

Baca juga: Menhub: rest area di tol Cipali harus ditambah

Hadir dalam konferensi pers itu Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dan Dirut PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani.

Dikatakan Menhub, dirinya akan minta kepada pihak terkait menambah tempat istirahat setiap 20 kilometer atau setiap 10 kilometer di Tol Cipali.

Menurut dia, selama arus mudik 2018 dan 2017, kemacetan panjang terjadi di Tol Cipali, karena banyaknya kendaraan antre ingin masuk tempat istirahat, sementara kendaraan di dalam tempat istirahat sudah penuh.

"Banyak masukan ke kami dari pemudik kalau perlu penambahan tempat istirahat di tol," ujarnya.

Baca juga: Menhub nilai pelaksanaan mudik lancar

Pemerintah, diungkapkannya, segera akan merespon keinginan masyarakat pengguna jalan tol dengan menambah tempat istirahat.

Menhub berharap dalam liburan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 jumlah tempat istirahat sudah bisa bertambah walau mungkin belum sepenuhnya selesai.

"Tentunya diharapkan dalam mudik dan balik Lebaran tahun depan penambahan jumlah tempat istirahat di jalan tol sudah berfungsi sepenuhnya," kata Budi.

Baca juga: Menhub: arus balik masih terpantau lancar

Jalan Tol Cipali sepanjang 116,75 kilometer tersebut memang didominasi jalan lurus, mulai gerbang tol Cikopo di KM 78 hingga sekitar KM 120.

Di tol tersebut pengelola tol PT Lintas Marga Sedaya telah menyiapkan menyiapkan lokasi rest area di KM 86, KM 102, KM 130, dan KM 166.

Survei menunjukkan, Tol Cipali merupakan jalan titik puncak kelelahan pengemudi arus balik di KM 108 dan KM 130 terutama dari Jawa Tengah, sehingga sering terjadi kecelakaan.

Jumlah pemudik yang keluar Jakarta belum seluruhnya kembali ke Jakarta karena ada pemudik yang masih menunggu 27 Juni 2018 terkait pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (pilkada) di beberapa provinsi di Pulau Jawa, demikian Budi Karya Sumadi.

Baca juga: Menhub sambut peserta mudik gratis kapal laut

Baca juga: Menhub soroti kesehatan sopir bus angkutan Lebaran

Baca juga: Menhub berencana tingkatkan kapasitas mudik gratis motor


 

Pewarta : Ahmad Wijaya
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar