Medan (ANTARA News) - Sebagian wilayah Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (5/7) malam dilanda bencana puting beliung yang pusaran anginnya hingga menumbangkan sejumlah pohon, namun tidak sampai menimbulkan korban jiwa, kecuali mengalami luka ringan.

Koordinator Kaji Cepat dan Pelayanan Darurat TRC-PB BPBD Kota Medan, M.Yunus, Kamis malam itu mengatakan, peristiwa pohon tumbang dan puting beliung itu terjadi sekira pukul 19.30 WIB, saat turun hujan cukup deras.

Lokasi pohon tumbang itu, menurut dia, di Jalan AH Nasution depan Sekolah Primbana dan menimpa satu unit mobil BK 1982 KO. Pengemudi dan penumpangnya berjumlah 6 orang, malam itu juga sudah bisa dievakuasi.

Selanjutnya, pohon di Jalan Nguman Surbakti menimpa lima unit mobil, becak dan sepeda motor. Seorang pengemudi atas nama Zuariz Zega alamat Jalan Jaya Tani, Kuala Bekala, Pintu IV mengalami luka ringan.

"Kemudian, pohon di Jalan Antariksa Polonia, Jalam Jamin Ginting KM 8,5 (depan Bank Sumut). Pohon tumbang melintang di kedua ruas jalan, keadaan lalu lintas macet di kedua arah," ujar Yunus.

Ia mengatakan, pohon tumbang di Jalan Karya Jasa, Kelurahan Pangkalan Mansur, Kecamatan Medan Johor, menimpa 3 unit mobil, dua sepeda motor, dan 1 becak bermotor. Seorang korban mengalami luka ringan dan sudah mendapat pelayanan medis di klinik setempat.

"Pohon tumbang di Jalan Cinta Karya Gang Muhajirin menimpa rumah warga. Saat ini warga tersebut sudah diupayakan untuk dievakuasi," ucapnya.

Yunus menambahkan, juga terjadi bencana angin puting beliung di Jalan Starban Gang Famili, Kelurahan Polonia. Enam unit rumah permanen mengalami kerusakan pada bagian atap/plafon.

“Personel TRC masih terus melakukan pendataan dan kaji cepat di lapangan, serta melakukan evakuasi pohon tumbang bersama warga setempat," katanya.

(M034)

Baca juga: Puting beliung landa enam daerah di Aceh
 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018