Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan seluruh korban KMP Lestari Maju yang tenggelam di perairan Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan pada Selasa (3/7) akan mendapatkan santunan.

"Bapak Presiden berpesan kepada saya berikan bantuan untuk seluruh korban baik yang meninggal maupun selamat dan kedua jangan persoalkan manifes, ini kondisi tidak normal," kata Mensos seperti dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Mensos saat ini melakukan kunjungan kerja ke Selayar untuk menyerahkan bantuan santunan sebesar Rp910 juta bagi korban selamat dan ahli waris korban meninggal dunia.

Mensos menjelaskan, santunan tersebut diberikan kepada 35 orang ahli waris korban meninggal senilai Rp15 juta per orang dan 154 orang korban selamat senilai Rp2,5 per orang.

"Yang kami siapkan sekarang sejumlah ini, saya percayakan kepada Bapak Bupati untuk memberikan rekomendasi untuk korban lainnya, sesuai dengan arahan Presiden, seluruh korban akan dibantu," tambahnya.

Sebelumnya, KM Lestari Maju dikandaskan oleh nahkoda di wilayah Desa Bongayya Kecamatan Bontomatene pada Selasa (3/7), sekitar pukul 12.15 WITA setelah melakukan pelayaran dari Pelabuhan Tanjung Bira Kabupaten Bulukumba menuju Pelabuhan Pamatata Kabupaten Kepulauan Selayar.

Di tengah perjalanan kapal tersebut mengalami kebocoran di lambung kiri kapal, sehingga nahkoda terpaksa mengkandaskan kapal tersebut agar tidak terjadi resiko besar karena posisi kapal beberapa mil mendekati daratan.

Data terakhir per 6 Juli 2018, hasil evakuasi yang dilakukan Basarnas sejak hari pertama peristiwa terjadi, dari sejumlah 189 orang penumpang, 155 orang ditemukan selamat, 34 orang meninggal dunia dan satu orang dalam proses pencarian. Sebagian dari korban masih dirawat di rumah sakit dan sebagian sudah kembali ke rumah masing-masing.

Baca juga: Pencarian korban KM Lestari dilanjutkan

Baca juga: Korban KM Lestari Maju terima santunan Rp50 juta dari Jasa Raharja

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018