Jakarta (ANTARA News) - Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute Karyono Wibowo menilai Kepala Kantor Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko bisa saja memberikan nilai plus bagi Presiden Jokowi apabila ditunjuk menjadi calon Wakil Presiden. 
 
"Jika Moeldoko mendapatkan dukungan dari kalangan ulama dan umat Islam tentu memiliki skor plus," ujar Karyono dihubungi di Jakarta, Senin. 
 
Dia menjelaskan secara umum salah satu isu yang kerap dipertimbangkan dalam menentukan cawapres adalah isu Islam dan sipil serta militer.

Menurut dia, meskipun Moeldoko tokoh berlatar belakang militer namun peluangnya setara dengan  tokoh berlatar belakang Islam seperti Muhaimin Iskandar, Mahfud MD, Tuan Guru Bajang, dan lain-lain.

Maka itu, kata dia, jika Moeldoko mendapatkan dukungan dari kalangan ulama dan umat Islam, Moeldoko akan memiliki sekaligus memberikan nilai tambah bagi Jokowi dalam Pilpres.

"Maka pekerjaan rumah Moeldoko adalah membangun kedekatan dengan ulama," ujar dia. 

Sebelumnya nama Moeldoko disebut potensial menjadi calon Wakil Presiden pendamping Presiden Jokowi. Nama Moeldoko juga diperkirakan masuk dalam daftar lima nama cawapres yang sedang dipertimbangkan Jokowi.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018