Cilegon (ANTARA News) - PT Taspen (Persero) memfasilitasi pelatihan aneka olahan ikan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di aula kantor Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, Banten.

"Kegiatan yang dilaksanakan melalui kerja sama PT Krakatau Steel dan Perum Perikanan Indonesia serta pusat inikubator wirausaha dan klinik UMKM Kota Cilegon melibatkan 20 pelaku UMKM yang tergabung dalam Koperasi Perempuan Sejahtera Mandiri Kota Cilegon," kata Kepala Cabang PT Taspen Serang, Iwan Djunaidi di Cilegon, Banten, Sabtu.

Iwan mengatakan, sinergitas pelatihan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan sebagai bagian BUMN Hadir Untuk Negeri, yang fokus pada pengembangan UMKM ini, dilakukan PT. Taspen Persero Serang hanya di kota Cilegon.

"Untuk program ini hanya di Kota Cilegon, harapannya kami turut membantu memberdayakan masyarakat apalagi ini menarik programnya, UMKM yang kami harapkan dapat bermanfaat bagi pelaku UMKM. Mereka dapat lebih berkembang dalam hal meningkatkan keterampilan, bagaimana pengolahannya, pengemasan, juga pemasarannya," jelasnya.

Sementara itu Laura Irawati Ketua Pusat Inkubator wirausaha dan klinik UMKM (PIWKU) Kota Cilegon, mengaku sangat bersyukur atas dukungan BUMN melalui PT TASPEN, KS, dan Perindo dalam mengembangkan dan meningkatkan usaha mikro kecil menengah di kota Cilegon.

Laura berharap dengan adanya sinergitas ini, pelaku UMKM dapat lebih bergairah lagi dalam beriwarusaha.

"Kami sangat berterimakasih BUMN sudah mendukung pengembangan UMKM di kota Cilegon, kami harapkan pelaku UMKM dapat lebih bergairah, berdaya, sehingga nantinya bisa meningkatkan hasil produksinya dan penghasilan bagi keluarganya," kata Laura.

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2018