Keduanya tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci karena saat menjalani pemeriksaan kesehatan terakhir di Asrama Haji Surabaya diketahui TBC paru positif,
Surabaya, (ANTARA News) - Dua calon haji (calhaj) asal Jawa Timur, terdeteksi penyakit Tuberkulosis (TBC) menjalani perawatan di ruang isolasi sementara di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, kata pejabat Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, Dr Zainul.

Zainul di Surabaya, Sabtu, menginformasikan dua calhaj tersebut masing-masing berinisial R, asal Kabupaten Sidoarjo, yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 53 dan S, asal Kabupaten Blitar, yang tergabung dalam kloter 57.

"Keduanya tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci karena saat menjalani pemeriksaan kesehatan terakhir di Asrama Haji Surabaya diketahui TBC paru positif," tambahnya.

Ia menjelaskan calhaj yang terkena penyakit TBC ini sedang diusahakan seminimal mungkin tidak berkumpul dengan orang lain karena jenis penyakitnya tergolong menular.

"Keduanya sekarang sedang menjalani perawatan di ruang isolasi. Kami terus melakukan pengobatan terpadu untuk mengonversi agar TBC-nya menjadi negatif," ujarnya.

Pengobatan program terpadu, menurut dia, biasanya membutuhkan waktu selama dua minggu pengobatan hingga akhirnya menjadi negatif.

Sebelumnya, dia mencontohkan ada seorang calhaj Kabupaten Tuban, Jawa Timur, yang juga terdeteksi positif TBC.

"Setelah melalui pengobatan dua minggu di ruang isolasi, calhaj asal Tuban ini dinyatakan negatif dan telah diberangkatkan bersama kloter 67 kemarin," jelasnya.

Zainul berharap kedua calhaj asal Sidoarjo dan Blitar yang kini sedang dirawat di ruang isolasi ini dapat menjadi negatif TBC sehingga dapat menyusul berangkat ke tanah suci bersama kloter lainnya.

Persoalannya keberangkatan terakhir ke Tanah Suci dari Embarkasi Surabaya dijadwalkan pada 15 Agustus 2018. "Bila tetap positif TBC, kami tidak bisa memberangkatkannya," ucap Zainul.*

Baca juga: Laporan dari Mekkah - 52 calhaj meninggal dunia karena jantung

Baca juga: Laporan dari Mekkah - Data sementara 3.665 calhaj lakukan tarwiyah

Baca juga: Laporan dari Mekkah - Amirul hajj tiba di Arab Saudi


 

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018