Pekanbaru (ANTARA News) - Sebanyak 2.500 peserta berasal dari pegawai BUMN di Pekanbaru, keluarga instansi pemerintah, murid sekolah dasar sampai SMU di wilayah Pekanbaru, dan pelanggan gas PGN, semarakan jalan sehat dan Bersih Lingkungan di Pekanbaru, Minggu.

"Kegiatan jalan sehat ini bagian dari kewajiban PGN sebagai perusahaan milik negara untuk hadir dan memberi manfaat bagi masyarakat secara langsung," kata Direktur SDM dan Umum PGN, Desima E. Siahaan di Pekanbaru, Minggu.

Para peserta jalan sehat dilepas oleh Gubernur Riau yang diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Provinsi Riau, Ir. Ervin Rizaldi dan Asisten Deputi Kementerian BUMN Bidang Usaha, Agro dan Farmasi, Purnomo Sinar Hadi.

Menurut Desima, melalui kegiatan Jalan Sehat dan Bersih Lingkungan, kami mengajak seluruh warga Pekanbaru menjaga kesehatan badan dan juga tempat tinggalnya dengan cara berolahraga bersama, mengumpulkan sampah di sepanjang lima kilometer rute jalan sehat.

Setelah berolahraga, sebut Desima, peserta bisa memeriksakan kesehatan diri dan keluarganya secara gratis di tempat yang telah disediakan oleh panitia.

"Dengan melakukan rutin jalan sehat, diyakini badan akan sehat dan di dalam tubuh yang sehat akan mendapat pikiran yang sehat dan jiwa yang sehat sehingga produktivitas kerja juga meningkat," katanya.

Sedangkan rute jalan sehat sepanjang lima km tersebut, katanya, seluruh peserta juga mengumpulkan sampah yang ada di jalan raya, memungut kemudian membuangnya pada tempat yang disediakan. Peserta mengenakan sarung tangan plastik agar tangan mereka juga terlindung dari kuman.

Tiba di garis finish, katanya, panitia telah menyediakan beragam menu kuliner nusantara yang bisa dinikmati peserta. PGN juga mendirikan beberapa posko pemeriksaan kesehatan gratis di sekitar Lapangan Pancasila yang bisa dimanfaatkan masyarakat umum.

Jalan Sehat dan Bersih Lingkungan mulai titik start dari Lapangan Pancasila Korem 031 Wira Bima, peserta kemudian diarahkan melalui rute memutari Jalan Dr. Sutomo, Hang Tuah, Diponegoro, MH Thamrin, Letjend S. Parman, Hang Jebat X, kemudian sampai lagi ke Jalan Hang Tuah, Dr. Sutomo, dan finish kembali di Lapangan Pancasila.

Peserta juga diberikan untuk mendapatkan kesempatan meraih hadiah door prize berupa satu unit sepeda motor, sejumlah TV LED, kipas angin, penanak nasi listrik, kompor gas, dan sejumlah hadiah menarik lainnya juga disediakan oleh panitia bagi peserta yang bisa seru-seruan berjoget loyo-loyo terbaik, menjawab kuis dan lomba menyebut yel-yel seru.

Baca juga: Ribuan warga Bali meriahkan jalan sehat BUMN

Pewarta: Frislidia
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2018