Belum banyak tersentuh di gunung-gunung, baru saya melihat selaku Kapolda Papua 2012 sampai dengan sekarang baru kepemimpinan Presiden Jokowi ini yang real di gunung terasa."
Jakarta (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian menyatakan persoalan utama di Papua adalah masalah ekonomi yang paling utama terkait masih adanya serangan kelompok bersenjata.

"Papua Barat itu tidak banyak masalah. Permasalahan utama di Papua hanya gunung karena di gunung ini belum banyak tersentuh," katanya seusai acara pelantikan enam Kapolda dan Kadiv Propam Polri di Jakarta, Senin.

Pembangunan di gunung mulai terasa sejak kepemimpinan Presiden Joko Widodo, misalnya Jalan Trans Papua dan Bandara Wamena diperbaiki.

"Belum banyak tersentuh di gunung-gunung, baru saya melihat selaku Kapolda Papua 2012 sampai dengan sekarang baru kepemimpinan Presiden Jokowi ini yang real di gunung terasa," kata Tito.

Kemudian kita melihat BBM satu harga di gunung, semen dengan masuknya perusahaan semen di Manokwari bisa mengcover semua wilayah sehingga harga semen yang dulu harganya satu juta setengah sekarang sama dengan daerah lain, katanya.

Ia menegaskan ini masalah ekonomi yang paling nomor satu, namun di tengah upaya membangun pertumbuhan ekonomi yang berjalan ini ada saja kelompok-kelompok yang masih belum puas.

"Untuk kita melakukan penegakan hukum tapi dengan minimal akibatnya yaitu selain masyarakat jadi korban polisi juga banyak yang jadi korban," katanya.

Disebutkan, banyak anggota Polri dan TNI gugur dan menjadi korban dari kelompok yang belum puas terhadap pembangunan di Papua.

"Yang jelas, saya tidak melihat itu adalah masalah ras," katanya.

Pewarta: Riza Fahriza
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018