Kami mengharapkan kepada umat Islam untuk bisa menerima perbedaan Idul Adha 1439 H dengan sikap dewasa, tasamuh, toleran, dan saling menghargai pendapat masing-masing
Jakarta (ANTARA News) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau kepada umat Islam untuk tidak mempertentangkan perbedaan pelaksanaan hari raya Idul Adha 1439 Hijriyah.

Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa'adi melalui siaran pers, Selasa, berharap umat Islam agar bisa menerima perbedaan hari raya Idul Adha ini dengan dewasa, sikap tasamuh dan toleran, saling menghargai dan menghormati.

Menurutnya, MUI di dalam menentukan awal Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah tetap berpedoman pada Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 yaitu dengan menggunakan metode rukyatul hilal dan hisab.

Ia menuturkan, pada Sidang Isbat yang digelar Kementerian Agama pada 11 Agustus 2018,  berdasarkan laporan dari tim pemantau hilal di 92 titik pengamatan hilal di seluruh Indonesia menunjukkan bahwa posisi hilal masih di bawah ufuk atau minus satu derajat 43 menit sehingga hilal tidak mungkin untuk dilihat (imkanur ru'yah).

Terkait hal tersebut, Sidang Isbat menetapkan bulan Dzulkaidah 1439 H disempurnakan dengan cara istikmal artinya digenapkan 30 hari sehingga tanggal 1 Dzulhijah diputuskan jatuh pada Senin (13/8) dan hari raya Idul Adha jatuh pada 10 Dzulhijah 1439 H bertepatan dengan tanggal 22 Agustus 2018.

"Adapun terjadinya perbedaan penetapan jatuhnya Idul Adha antara Arab Saudi dengan Indonesia pada tahun 2018 ini karena ada perbedaan mathla' atau lokasi terbitnya hilal. Meski Indonesia lebih awal dari sisi waktu karena perhitungan matahari, tapi karena hilal yang terlihat di mathla' berbeda, menyebabkan perbedaan menentukan 1 Dzulhijah," paparnya.

Bagi sebagian umat Islam yang mengikuti penetapan isbatnya sesuai dengan negara Arab Saudi, maka Selasa sudah berlebaran karena 1 Dzulhijahnya jatuh hari Minggu (12/8). 

Sementara, menurut dia, sebagian umat Islam di Indonesia pada Selasa masih melaksanakan ibadah puasa Arafah dan baru berlebaran pada Rabu (22/8) karena penetapan 1 Dzulhijahnya jatuh pada Senin (13/8).  

"Kami mengharapkan kepada umat Islam untuk bisa menerima perbedaan Idul Adha 1439 H dengan sikap dewasa, tasamuh, toleran, dan saling menghargai pendapat masing-masing," katanya.

Baca juga: Dewan Dakwah Islamiyah laksanakan shalat idul Adha hari ini

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018