Saya sangat mengapresiasi pembangunan yang telah dilakukan Kapolda, karena meskipun akan purna tugas namun bisa menyelesaikam target-target pembangunan."
Surabaya (ANTARA News) - Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Surabaya, Selasa, meresmikan empat gedung baru hasil renovasi dan pembangunan Polda Jawa Timur saat masa kepemimpinan Kapolda Irjen Pol Machfud Arifin.

Gedung-gedung yang diresmikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian adalah Gedung Patuh (Proaktif, Amanah, Tegas, Unggul dan Humanis), Gedung Serba Guna Mahameru, Gedung Poliklinik/IGD dan Gedung Rawat Inap RS Bhayangkara Polda Jatim.

"Saya sangat mengapresiasi pembangunan yang telah dilakukan Kapolda, karena meskipun akan purna tugas namun bisa menyelesaikam target-target pembangunan," kata Tito.

Tito menjelaskan, dana yang dikeluarkan untuk pembangunan empat gedung itu dari dana hibah Pemda maupun dari corporate social responsibility (CSR) beberapa yang merasa terpanggil untuk membantu Polri Polda Jatim.

Jenderal bintang empat itu berharap apa yang dibangun selama kepemimpinan Machfud Arifin dapat bermanfaat serta dapat membuat anggota lebih giat melaksanakan tugasnya dalam melayani masyarakat.

"Semua yang dibangun dapat bermanfaat, termasuk masjid. Itu yang saya apresiasi. Pembangunan dan renovasi empat gedung ini bersumber anggaran hibah dari pemerintah daerah dan CSR perusahaan untuk membantu yang peduli Polda Jatim," ujarnya.

Gedung Patuh sendiri berdiri di atas lahan seluas 7.776 meter persegi. Gedung enam lantai di belakang gedung Tri Brata (ruang kerja Kapolda dan Wakapolda Jatim) ini akan ditempati oleh satuan kerja di antaranya, Itwasda, Biro Ops dan Command Center.

Untuk Gedung serba guna Mahameru mempunyai luas 1.419 meter persegi. Gedung yang biasanya digunakan untuk sertijab pejabat utama Polda Jatim dan kapolres jajaran, serta kegiatan lainnya ini, direnovasi lebih elegan dan lebih luas

Sementara Gedung poliklinik/IGD RS H.S Samsoeri Mertojoso mempunyai tiga lantai dengan luas bangunan total sekitar 3.396 meter persegi. Gedung ini diperuntukkan poliklinik yang terletak di bagian depan. Untuk administrasi atau pendaftaran serta pelayanan rawat inap

Terakhir, gedung Rawat Inap sebanyak tiga lantai di Rumah Sakit Bhayangkara dan di lantai 3 digunakan menjadi ruang rapat.

Pewarta: Indra Setiawan dan Willy Irawan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018