Kami juga terus membenahi akses jalan kabupaten selebar empat meter yang akan terhubung dengan jalan tol
Manado (ANTARA News) - Jalan Tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara, sepanjang 19 kilometer akan mulai difungsikan pada akhir Desember 2018.

"Satuan kerja dan PT Jasamarga Manado-Bitung sudah berkoordinasi untuk memfungsikan ruas tol (sepanjang 19 kilometer) ini, yang juga bagian dari strategi percepatan penyelesaian tol sepanjang total 39,9 kilometer," kata Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XV Sulawesi Utara dan Gorontalo Kementerian PUPR Triono Junoasmono di Manado, Kamis.

Menurut dia, sepanjang 19 kilometer jalan tol yang akan difungsikan itu berada pada segmen IB dengan bentang tujuh kilometer dan segmen IIA sepanjang 12 kilometer.

Setelah difungsikan sebagian ruas tol ini, lanjutnya, akan disusul segmen IA sepanjang tujuh kilometer pada Maret 2019 dan segmen IIB sepanjang 13 kilometer pada Desember 2019.

"Kami juga terus membenahi akses jalan kabupaten selebar empat meter yang akan terhubung dengan jalan tol, diperbaiki supaya nyaman dan aman ketika jalan tol digunakan masyarakat pada bulan Desember," katanya.

Junoasmono menambahkan, ruas tol dapat juga digunakan masyarakat untuk mengakses Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.

"Kami perbaiki akses masuk dan keluarnya, masuk dari Sukur, Kabupaten Minahasa Utara dan keluarnya di KEK Bitung yang berada di Manembo-Nembo," jelasnya.

Untuk sementara, warga yang akan menggunakan ruas jalan tol tidak akan dikenakan tarif tol sebesar Rp900 per kilometer.

Tarif akan mulai diterapkan apabila keseluruhan infrastruktur Jalan Tol Manado-Bitung tersebut sudah diselesaikan dan dioperasikan, ujarnya.

"Mari secara bersama-sama kita dukung pembangunan ruas jalan tol ini sehingga bisa selesai seperti yang ditargetkan," katanya.

Baca juga: Wijaya Karya pastikan Tol Manado-Bitung selesai tepat waktu
Baca juga: Segmen I jalan tol Manado-Bitung sudah 40,41 persen

 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2018