KJRI Osaka telah menjemput Aldi pada 6 September 2018 di Tokuyama, Prefektur Yamaguchi, Jepang, setelah kapal bersandar.
Jakarta,  (ANTARA News) - KJRI Osaka telah membantu kepulangan Aldi Novel Adilang (19), WNI penjaga lampu rumah rakit di lautan utara Manado yang pada pertengahan Juli 2018 hanyut terbawa arus hingga perairan Guam.

Aldi ditemukan oleh kapal berbendera Panama, MV Arpeggio, pada 31 Agustus 2018, di perairan Guam yang berjarak 125 kilometer dari pesisir utara Manado.

"KJRI Osaka telah menjemput Aldi pada 6 September 2018 di Tokuyama, Prefektur Yamaguchi, Jepang, setelah kapal bersandar untuk memastikan Aldi dalam kondisi yang baik dan selanjutnya mengawal hingga mendapat izin kepulangan ke Indonesia dari otoritas imigrasi Jepang," demikian keterangan pers KJRI Osaka yang diterima Antara di Jakarta, Jumat.

Pada 8 September 2018, KJRI Osaka telah mendampingi kepulangan Aldi ke Manado dengan maskapai Garuda Indonesia melalui Tokyo.

Saat ini, Aldi telah berkumpul dengan keluarganya di Wori, Manado, dan dalam keadaan sehat.

KJRI Osaka mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu proses penyelamatan hingga kepulangan Aldi dengan selamat ke Tanah Air.*

Baca juga: Rayakan 60 tahun Indonesia-Jepang, KJRI Osaka kawinkan angklung dan taiko

 

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018