Jakarta (ANTARA News) - Atlet dari tujuh negara dipastikan berpartisipasi pada kejuaraan Rhino Cross Triathlon (Rhino X-Tri) dan Rhino Mountain Bike Cross Country Marathon (Rhino MTB XCM) di Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, 29 - 30 September.

Managing Director PT. Banten West Java (Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung) & Chief of Organizing Commitee, Rully Lasahido dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin, mengatakan ada 200 peserta dari tujuh negara yang terlibat pada kejuaraan dengan total hadiah Rp250 juta itu.

"Mereka dari Amerika Serikat, Belanda, Jepang, Prancis, Selandia Baru, Spanyol, dan tidak ketinggalan dari Indonesia," katanya.

Kejuaraan internasional digelar dalam rangka perayaan World Rhino Day yang jatuh bulan ini. Selain itu Rhino Cross Triathlon adalah acara utama dari Festival Pesona Tanjung Lesung yang merupakan sebuah perhelatan bertema sport tourism dengan tujuan menarik wisatawan domestik sekaligus mancanegara untuk mengunjungi dan menikmati keindahan alam dan budaya Banten.

Meski menyatakan ada atlet dari tujuh negara, pihak panitia belum menjelaskan dengan detail siapa nama atlet asing yang bakal turun. Khusus untuk atlet Indonesia yang bakal turun di antaranya adalah Muhammad Taufik, Adi Akhmad Jukardy dan Eva Desiana.

"Sejumlah public figure sekaligus triatlet seperti model senior Kelly Tandiono, Khaidir Akbar dan Fajar Alexa dikabarkan akan meramaikan ajang ini," katanya menambahkan.

Direktur pelaksana Rhino X-Tri 2018 Tense Manalu memaparkan jika pelaksanaan kejuaraan tahun ini menawarkan tantangan dan keseruan lebih dibandingkan tahun sebelumnya yaitu lebih jauh. Rhino X-Tri digelar dalam 3 kategori yaitu Eagle, kategori baru yang akan mempertandingkan nomor renang 1.500 meter, balap sepeda 30 kilometer dan lari 15 kilometer.

Untuk kategori Rhino melombakan nomor renang 1.000 meter, balap sepeda 20 kilometer dan lari 10 kilometer serta kategori Bull yang melombakan renang 500 meter, balap sepeda 10 kilometer dan lari 5 kilometer.

"Di ajang Rhino Mountain Bike Cross Country Marathon (MTB XCM) akan dipertandingkan beberapa kategori yaitu Men Elite, Women Open, Men Open dan Men Master," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Banten West Java sekaligus Presiden PATA Indonesia, Poernomo Siswoprasetijo mengatakan kegiatan ini merupakan unggulan dan merupakan rangkaian Festival Pesona Tanjung Lesung yang akan digelar 28–30 September dan sudah masuk kalender Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2018