Jasa Marga siapkan koridor Asian Para Games

id Asian Para Games 2018,Jasa marga,Lalu lintas

logo jasa marga (bumn.go.id)

Bekasi  (ANTARA News) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mendukung gelaran Asian Para Games dengan menerapkan pengaturan lalu lintas tol  koridor khusus atlet dan tim ofisial mulai 6-13 Oktober 2018.

"Dalam rangka menyambut perhelatan olah raga Asian Para Games, PT Jasa Marga akan menerapkan kebijakan pengaturan lalu lintas, khususnya di jalan tol bagi rombongan atlet dan tim ofisial," kata AVP Corporate Communications PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru di Bekasi, Jumat.

Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan upaya Jasa Marga untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan kegiatan olahraga khusus kaum disable.

Bentuk pengaturan lalu lintas tersebut berupa memprioritaskan rombongan kendaraan atlet dan tim ofisial Asian Para Games 2018 yang melintas di jalan tol melalui koordinasi sejumlah pihak terkait.

Instansi yang dimaksud di antaranya, kepolisian, Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPJT Kementerian PUPR), Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Kementerian Perhubungan (BPTJ Kemenhub), Dinas Perhubungan setempat dan Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC).

"Rombongan kendaraan atlet dan ofisial 2018 Asian Para Games yang melintas di jalan tol harus memiliki identitas Indonesia 2018 Asian Para Games yang diterbitkan oleh INAPGOC," katanya.

Selain itu, kata dia, rombongan yang melintas juga harus dalam pengawalan petugas terkait.

Prioritas lalu lintas rombongan atlet dan ofisial di Jalan Tol Jasa Marga yaitu pada Ruas Tol Dalam Kota.

Tol dalam kota itu meliputi, off ramp Semanggi, off ramp Senayan, Gerbang Tol Senayan, GT Slipi 1, off ramp Kuningan, GT Kuningan 1, GT Tebet 1.

Selain itu, ada juga Ruas Tol Jagorawi yang meliputi GT Cibubur, GT Sentul, GT TMII.

"Tempat penyelenggaraan pertandingan atau arena (venue) Asian Para Games 2018 tidak hanya terfokus di area Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta," katanya.

Kelengkapan fasilitas yang ramah bagi penyandang disabilitas merupakan salah satu upaya pengarahan lalu lintas menuju venue tersebut.

"Penyampaian informasi dalam rangka menyambut rombongan atlet Asian Para Games juga ditampilkan melalui VMS yang ada di jalan tol," katanya.

Sebelumnya, pada ajang Asian Games 18 Agustus?2 September 2018, Jasa Marga juga mendukung perluasan pemberlakuan kebijakan ganjil-genap, memberikan prioritas bagi kontingen negara-negara peserta Asian Games yang melintas di jalan tol.

Selain itu, Jasa Marga juga melakukan penataan di sekitar jalan tol-jalan tol selama perhelatan tersebut berlangsung.

"Pemberlakukan berbagai kebijakan ini merupakan bagian upaya untuk menyukseskan Asian Para Games 2018," katanya. 

Pewarta : Andi Firdaus
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar