Lima perusahaan Indonesia raih penghargaan bergengsi Asia

id Aces award,jayanthi desan

Konferensi pers acara pemberian penghargaan Aces, di Singapura, Kamis (11/10). (ANTARA News/Anita Permata Dewi)

Singapura (ANTARA News) - Lima perusahaan dari Indonesia mendapatkan penghargaan dari Asia Corporate Excellence & Sustainability Awards (ACES) atas prestasi yang telah mereka lakukan di berbagai bidang.

"Pada awalnya kami mencari perusahaan terbaik di Asia pada bidang produktivitas, proses yang efisien, dan manajemen risiko yang baik. Namun, hari ini telah berubah sehingga yang dicari adalah perusahaan yang berkembang dari sisi produk, proses, dan sistem," kata Ketua Dewan Juri Grup Mors Jayanthi Desan dalam konferensi pers acara pemberian penghargaan Aces di Singapura, Kamis malam.

Dari kelima perusahaan tersebut, dua perusahaan mendapatkan penghargaan atas prestasi gemilang dari sosok yang memimpin perusahaan tersebut. Para penerima penghargaan tersebut adalah Shanti Lasminingsih Poesposoetjipto sebagai Komisaris Utama PT Samudera Indonesia Tbk yang mendapatkan penghargaan Woman Entrepreneur of the Year dan Parveen Kathuria sebagai Presiden Direktur PT Syngenta Indonesia yang mendapatkan penghargaan Outstanding Leaders in Asia.

Sementara ada tiga perusahaan Indonesia lainnya yang mendapatkan penghargaan, yakni penghargaan Asia's Most Influential Companies diraih oleh PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), penghargaan Asia's Leading SMEs diraih oleh PT Combiphar, dan penghargaan Top Green Companies in Asia diraih oleh PT Sharp Electronics Indonesia.

Dikatakannya, perusahaan yang berkembang dengan baik bisa dilihat dari keseimbangannya dalam mengelola sumber daya dan memiliki ketahanan terhadap goncangan.

"Karena keberlanjutan bukan sesuatu yang bisa dilihat dalam jangka pendek. Ketahanan perusahaan dalam kondisi ekonomi yang sulit menunjukkan bahwa paradigma keberlanjutan sudah berubah," ujar Jayanthi.

Selain itu, perusahaan juga dinilai atas hubungannya dengan berbagai pihak di luar kepentingan perusahaan yang nantinya akan menjadi jalan untuk menemukan berbagai solusi yang lebih baik atas berbagai permasalahan.

"Kolaborasi ini akan menguntungkan semua pihak. Namun demikian, masih banyak ditemukan perusahaan yang tidak melakukan manajemen risiko yang baik, produktivitas yang lemah, bahkan ada yang masih berjuang untuk mencapai standar minimum keberlanjutan seperti disyaratkan pada perusahaan yang menjual sahamnya di bursa," katanya.

Ada 48 penghargaan diberikan baik kepada perusahaan ataupun individu berprestasi di Asia dalam acara penghargaan Aces. Acara tersebut diselenggarakan pada Kamis malam di Hotel Fairmont Singapura yang dihadiri seluruh perwakilan perusahaan yang mendapatkan penghargaan dari berbagai negara di Asia.

Asia Corporate Excellence & Sustainability Awards (ACES) adalah penghargaan yang diberikan oleh MORS Group kepada perusahaan dan perorangan di kawasan Asia yang telah berhasil membuktikan prestasinya dalam dua bidang, yaitu kepemimpinan dan tanggung jawab sosial perusahaan.

Penghargaan ini ditujukan untuk menghargai pelayanan dan pencapaian suatu perusahaan, baik besar ataupun kecil, berskala nasional ataupun internasional, dalam kontribusi mereka kepada komunitas dan dunia.

Melalui penghargaan ini, berbagai perusahaan dan para pemimpin perusahaan bersama-sama merayakan kesuksesan mereka, untuk belajar, menjalin hubungan, dan berbagi ide-ide baru serta menampilkan prestasi perusahaan-perusahaan Asia dalam menumbuhkan perusahaan mereka secara berkelanjutan.

MORS Group secara terus menerus berusaha untuk mencapai visinya untuk membuat Asia yang unggul, yaitu maju, tahan terhadap goncangan, berkelanjutan, dan membangun semangat persatuan yang tangguh di antara berbagai industri.


Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Sigit Pinardi
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar