Jakarta, (ANTARA News) – PT Prodia Widyahusada Tbk  secara resmi meluncurkan chatbot Tanya Prodia (TANIA) yang beroperasi selama 24 jam setiap hari dan dapat diakses secara online melalui LINE, telegram, facebook messenger dan website. 

TANIA merupakan personal assistant virtual Prodia berbasis online sehingga pelanggan dapat dengan mudah memperoleh informasi seputar layanan laboratorium kesehatan itu dimanapun dan kapanpun. 

Direktur Utama PT Prodia Widyahusada Tbk, Dewi Muliaty di Jakarta, Kamis mengatakan bahwa chatbot TANIA merupakan bentuk adaptasi Perseroan terhadap tren perkembangan teknologi dalam meningkatkan layanan bagi pelanggan serta menarik kaum milenial peduli untuk melakukan cek kesehatan.

"TANIA merupakan salah satu langkah  dalam melakukan transformasi digital untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam berinteraksi dengan kami," ungkap Dewi di sela peluncuran Chatbot TANIA.

Menurut dia, saat ini pengunjung laboratorium kesehatan yang dipimpinnya tersebut 60 persen didominasi golongan dewasa hingga lanjut usia, sedangkan dari kaum muda atau milenial hanya 40 persen.

TANIA dapat menginformasikan mengenai layanan pemeriksaan kesehatan, lokasi dan fasilitas layanan cabang, layanan e-Prodia termasuk pesan online dan hasil online, interaksi langsung dengan customer service maupun konsultasi (live chat). 

Dia menyatakan TANIA dapat diakses oleh siapapun  secara langsung kapanpun dan dimanapun secara online di antaranya LINE, Telegram: Facebook Messenger: dan Website. 

Menurut dia, TANIA merupakan solusi digital yang efisien dalam melayani pelanggan. "Pelanggan yang membutuhkan informasi  secara cepat dan real time, dapat mengkontak TANIA," katanya. 

Menyinggung investasi yang dikeluarkan perusahaan untuk mengembangkan aplikasi TANIA tersebut, Dewi tidak mengatakan angka pasti namun menyebutkan perseroan mengalokasikan penggunaan dana sekitar 19 persen untuk peningkatan kemampuan dan kualitas layanan termasuk di antaranya sistem pengembangan teknologi informasi dan aplikasi.  

Direktur Bisnis dan Marketing Prodia, Indriyanti Rafi Sukmawati, mengemukakan, pihaknya telah memiliki beberapa saluran komunikasi bagi para pelanggan dan masyarakat untuk mendapatkan informasi seputar fasilitas dan layanan seperti website  sosial media seperti facebook, twitter dan instagram, serta Kontak.

 "Keberadaan TANIA  ini memperkuat layanan komunikasi yang telah ada sebelumnya, bukan untuk menggantikannya, apalagi generasi di atas milenial masih banyak," katanya.

Baca juga: Kepedulian kaum muda periksa kesehatan dinilai masih rendah

Baca juga: Prodia akan kembangkan layanan pengobatan personal

Pewarta: Subagyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018