Jakarta (ANTARA News) - Chelsea batal menyapu bersih semua laga fase penyisihan Grup L Liga Europa dengan kemenangan lantaran diimbangi tuan rumah MOL Vidi 2-2 dalam pertandingan pamungkas di Stadion Groupama Arena, Budapest, Hungaria, Jumat dini hari WIB.

Hasil itu tidak berpengaruh bagi pasukan Maurizio Sarri yang telah memastikan melaju ke putaran 32 besar sebagai juara grup dan kini mengoleksi raihan akhir 16 poin, namun membuat Vidi (7) terdepak dari Liga Europa karena hanya menduduki peringkat ketiga, demikian catatan pertandingan di laman resmi UEFA.

Langkah Chelsea ke babak 32 besar didampingi BATE Borisov (9) setelah klub Belarusia itu menang 3-1 dalam lawatan ke markas PAOK Salonika (3).

Sarri menurunkan komposisi tim yang sangat berbeda dengan tim yang dimainkan saat mengalahkan Manchester City pada akhir pekan silam, dan tim lapis kedua ini kesulitan menembus pertahanan tuan rumah.

Chelsea baru mampu memecah kebuntuan pada menit ke-30 ketika Willian dengan cerdik mengarahkan tendangan bebasnya ke sudut kiri atas gawang kiper Adam Kovacsik. Namun keunggulan itu hanya bertahan kurang dari dua menit, ketika Ethan Ampadu menyundul bola tendangan sudut untuk masuk ke gawangnya sendiri.

Tim tamu mendapat masalah saat penyerang Alvaro Morata tidak dapat meneruskan permainan karena cedera lutut, yang memaksanya harus digantikan.

Loic Nego kemudian membawa tuan rumah berbalik unggul pada menit ke-56 dengan sepakan volinya, setelah mendapat operan matang dari Georgi Milanov.

Pemain pengganti Morata, Olivier Giroud, gagal memaksimalkan dua peluang bagus yang dimilikinya. Namun pemain internasional Prancis ini mampu menyelamatkan wajah Chelsea saat ia mengemas gol penyama kedudukan pada menit ke-75, melalui tendangan bebas ke sudut atas kiri gawang Vidi.

Di pertandingan lainnya, Maksim Skavysh membawa BATE memimpin saat pertandingan memasuki menit ke-18, eksekusi penalti Nikolay Signevich menggandakan keunggulan mereka empat menit menjelang turun minum, dan Signevich mencatatkan gol ketiga BATE pada menit ke-45.

Sampai laga usai PAOK hanya mampu membalas satu gol melalui Aleksandar Prijovic pada menit ke-59, meski BATE harus bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-62 akibat kartu merah yang didapat Signevich.

Baca juga: Tundukkan Spartak 2-0, Villarreal lolos ke 32 besar

Susunan pemain seturut laman resmi UEFA:
 
Vidi (4-3-2-1): Kovacsik, Fiola, Juhasz, Vinicius, Stopira, Nego, Hadzic (Patkai 85'), Bikolov, Milanov (Kovacs 81'), Huszti (Hodzic 81'), Scepovic

Chelsea (4-3-3): Caballero, Zappacosta, Christensen, Ampadu, Emerson, Barkley, Fabregas, Loftus-Cheek, Willian (Pedro 56'), Morata (Giroud 45'), Hudson-Odoi

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018