Lampung Selatan, Lampung (ANTARA News) - Kepala BNPB Pusat, Laksamana Muda TNI (Purnawirawan) Willem Rampangilei, memberikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Lampung Selatan beserta Tim Penanganan Darurat Bencana Tsunami Lampung Selatan.

Menurut dia, pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi pascatsunami Selat Sunda di Lamsel dilakukan secara cepat. 

Ia ada di sana untuk menyerahkan bantuan secara simbolis kepada pemerintah Kabupaten Lampung Selatan yang diterima langsung Pelaksana Tugas Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, di Kalianda, Jumat,

"Tadinya khan banyak sampah dan reruntuhan yang menumpuk, sekarang kalau kita lihat di Desa Way Muli dan Kunjir sudah rata, dan banyak alat berat yang bekerja. Artinya, secara keseluruhan pemerintah daerah sudah melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan sangat baik," ujar Rampangiley.

Ia menilai, rehabilitasi maupun rekonstruksi sudah dilakukan secara cepat oleh pemerintah daerah dibantu TNI/Polri, Basarnas, dan BNPB.

Menurut dia, percepatan-percepatan di lapangan itu, patut diberikan apresiasi.

"Sedangkan, untuk kerugian materiil saat ini sedang dilakukan pendataan dan penghitungan oleh pemerintah daerah, dan sedang diverifikasi. Dengan demikian, saya yakin kita bisa melakukan pemulihan secara cepat," kata dia.

Ketua Komisi VIII DPR, Ali Taher Parasong, yang menyerahkan bantuan tsecara simbolis, juga mengapresiasi pemerintah daerah setempat dalam hal penanganan bencana tsunami.

Bantuan yang diberikan BNPB Pusat yakni bantuan dana siap pakai sebesar Rp250 juta, 10 unit tenda pengungsi, 1.200 lembar selimut, 1.200 lembar matras, 2.000 lembar masker, dan family kits sebanyak 500 paket.

Pewarta: Budisantoso Budiman
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018