Karawang (ANTARA News) - Ribuan pelajar SMA/SMK dan mahasiswa kelahiran Kabupaten Karawang, Jawa Barat mendapatkan beasiswa akhir tahun melalui program Karawang Cerdas 2018.

"Program ini hasil kerja sama BJB (Bank Jabar Banten) dengan Pemkab Karawang, khusus untuk pelajar dan mahasiswa yang tidak mampu dan berprestasi," kata Bupati setempat Cellica Nurrachadiana, di sela peluncuran program Karawang Cerdas 2018, di Karawang, Jumat.

Ia mengatakan, beasiswa akhir tahun tersebut diberikan kepada 3.737 pelajar SMA/SMK dan mahasiswa kelahiran Karawang dengan rincian 150 mahasiswa perguruan tinggi negeri dan swasta di Karawang.

Kemudian, diberikan pula untuk 47 mahasiswa asal Karawang yang kuliah di perguruan tinggi luar Karawang. Selain itu, juga diberikan untuk satu orang kelahiran Karawang yang kuliah di luar negeri.

Beasiswa juga diberikan kepada 1.219 pelajar SMK dan 2.290 pelajar SMA di Karawang.

"Untuk pelajar kita berikan sebesar Rp1,4 juta per orang. Sedangkan bagi mahasiswa mendapatkan beasiswa Rp12 juta per tahun," kata dia.

Beasiswa ini terbagi ke dalam dua kategori yakni beasiswa kategori prestasi dan kategori jalur ekonomi tidak mampu. Diberikan berdasarkanPerbub Nomor?66 tahun 2018 tentang Program Karawang Cerdas.

Bupati mengakui di antara dasar digulirkannya program beasiswa itu ialah karena dirinya sering mendapatkan curhat dari warga yang tidak mampu membiayai pendidikan.

Sementara itu, Kepala Cabang Bank BJB Karawang, Arfandy mengatakan, pemkab memberikan program Karawang Cerdas kepada ribuan orang melalui rekening Bank BJB.

"Kita juga memberikan pengelolaan keuangan kepada penerima beasiswa, melalui ATM khusus," katanya.

Baca juga: Seluruh Guru di Karawang Dapat Beasiswa S1
Baca juga: Jabar sediakan 4.000 beasiswa pada 2015

 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2018