Kami dua hari lalu menerima laporan tiga rumah warga Cijengkol, Kecamatan Cilograng mengalami kerusakan akibat diterjang longsoran tanah, namun tidak menimbulkan korban jiwa
Lebak, Banten (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten mengingatkan masyarakat di daerah itu agar mewaspadai bencana longsor, khususnya di permukiman yang lokasinya di pegunungan.

"Kita berharap warga meningkatkan waspada longsor sehubungan memasuki musim hujan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi di Lebak, Sabtu.

Kewaspadaan bencana alam tersebut, menurut dia, penting karena wilayah Kabupaten Lebak masuk kategori daerah rawan longsor mengingat lokasinya berada di perbukitan, pegunungan dan daerah aliran sungai.

Bahkan, kata dia, masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana longsor mencapai ribuan kepala keluarga.

Karena itu, BPBD meminta warga yang tinggal di daerah rawan longsor ?agar meningkatkan kewaspadaan terutama jika curah hujan tinggi.

"Kami dua hari lalu menerima laporan tiga rumah warga Cijengkol, Kecamatan Cilograng mengalami kerusakan akibat diterjang longsoran tanah, namun tidak menimbulkan korban jiwa," katanya.

Kaprawi menjelaskan, saat ini, daerah yang masuk kategori rawan longsor tercatat 15 kecamatan, yakni Kecamatan Lebak Gedong, Cibeber, Cipanas, Cilograng, Muncang, Sobang, Gunungkencana, Bojongmanik, Cimarga, Panggarangan, Cihara, Bayah, Cikulur, Rangkasbitung dan Cigemblong, sebab, di daerah itu tofografinya perbukitan, pegunungan dan aliran sungai.

Biasanya, kata dia, bencana longsor terjadi karena curah hujan tinggi yang mengakibatkan adanya pergerakan tanah, terutama dataran tinggi maupun pegunungan.

Selain itu, kata dia, daerah aliran sungai (DAS) berpotensi longsor jika terjadi luapan air.

"Kami minta warga waspada jika hujan tinggi karena khawatir terjadi longsor," katanya.

Sementara itu, warga di Kecamatan Muncang mengaku bahwa masyarakat  saat ini melakukan pengamanan swadaya sehubungan curah hujan tinggi.

Pengamanan itu guna mengurangi risiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan material bangunan cukup besar.

Baca juga: BPBD Lebak: waspadai hujan dini hari

Baca juga: BPBD Lebak ingatkan warga waspadai bencana alam di musim pancaroba

Pewarta: Mansyur
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019