Menteri LHK tinjau Taman Nasional Ujung Kulon pascatsunami

id tnuk,menteri lhk siti,tsunami selat sunda,warga korban tsunami,kecamatan sumur pandeglang banten

Sejumlah pohon rusak karena terkena tsunami Selat Sunda di Pandeglang, Banten, Rabu (2/1/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/pras.


Pandeglang  (ANTARA News) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya didampingi Bupati Pandeglang Irna Narulita meninjau kawasan Taman Nasional Ujung Kulon pascatsunami Selat Sunda yang terjadi pada Sabtu 22 Desember lalu.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya datang bersama Ketua Komisi IV DPR RI Edhi Prabowo, Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE) Wiratno, Dirjen Dirjen PKPL Karliansyah, didampingi Bupati Pandeglang Irna Narulita melakukan dialog dengan masyarakat sekitar Ujung Kulon, khususnya yang berada di sekitar Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) di Kecamatan Sumur, di Pandeglang, Banten, Jumat.

Siti Nurbaya mengatakan, perhatian pemerintah begitu besar terkait bencana tersebut, sehingga ia datang untuk mengetahui langsung keadaan masyarakat dan keadaan lingkungan yang terkena dampak tsunami di  Pandeglang khususnya di Kecamatan Sumur.

Saat meninjau dan berdialog dengan masyarakat korban Tsunami, Siti Nurbaya juga berjanji mencarikan solusi terbaik terhadap permasalahan yang tengah dihadapi masyarakat sekitar.

"Saat ini yang dibutuhkan masyarakat adalah perbaikan jalan, air bersih, tempat tinggal dan mata pencaharian. Kami akan berkordinasi secara intens dengan kementerian terkait agar proses penanganan pascabencana dapat segera terwujud," kata Siti Nurbaya.

Sebagai solusi peningkatan ekonomi masyarakat jangka panjang, Mentri Siti menawarkan program kemitraan konservasi dan perhutanan sosial untuk  masyarakat tinggal di desa penyangga TNUK.

"Nanti akan dilihat master plan dan management plan-nya, yang sudah harus dimasukkan di dalamnya perhutanan sosial dan kemitraan konservasi, agar perekonomian masyarakat bertambah dan lebih sejahtera," katanya.

Menanggapi apa yang disampaikan Menteri LHK Siti Nurbaya, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, lumpuhnya perekonomian masyarakat Pandeglang yang terdampak tsunami semoga menjadi perhatian yang serius dari pemerintah pusat, sehingga perekonomian masyarakat Pandeglang  kembali bangkit dan sejahtera.

"Dengan sangat intensnya kehadiran pejabat pemerintah pusat ke Pandeglang, semoga menjadi solusi terbaik untuk masyarakat di kecamatan Sumur khususnya dan Pandeglang umumnya," kata Irna Narulita.

Baca juga: Sejumlah aksi disiapkan percepat pemulihan pariwisata Selat Sunda
Baca juga: Pemkab Pandeglang tetapkan masa transisi bencana hingga April

 

Pewarta : Mulyana
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar