Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (Indonesia National Carriers Association/INACA), I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, menyampaikan, walau maskapai penerbangan menurunkan harga tiket pesawat terbang namun keselamatan dan keamanan penerbangan tetap jadi prioritas. 

"Walau adanya penurunan harga tiket domestik, kita tetap menjaga keselamatan dan keamanan penumpang dan terus meningkatkannya," kata dia, saat menggelar konferensi pers, di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, penurunan harga tiket pesawat terbang oleh maskapai penerbangan anggota INACA sesuai dengan ketentuan dan regulasi yang ditetapkan, dan diawasi pihak berwenang.

"Tidak ada risiko (turunnya harga). Kami sesuai ketentuan, sesuai regulasi. Kami ada pengawas dari DKUPPU (Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Kementerian Perhubungan) yang cukup ketat, jadi berbagai risiko bisa dimitigasi," katanya.

Ia bilang, INACA juga terus menyampaikan kepada maskapai penerbangan, khususnya Maskapai penerbangan bertarif medium dan bertarif rendah untuk terus meningkatkan keamanan dan keselamatan penumpang.

Selain itu, kata dia, penurunan tiket juga mendapatkan dukungan dari pemangku kepentingan, yakni PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), Airnav, dan PT Pertamina (Persero), sehingga maskapai bisa mengurangi biaya yang dibebankan.

"Mereka berkomitmen untuk mendukung keputusan ini, sehingga maskapai bisa mengurangi biaya-biaya yang ditanggung, sehingga bisa mengurangi biaya-biaya variabel penerbangan," kata dia.

Pewarta: Sella Gareta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019