Jakarta (ANTARA News) - Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah (Lazismu) melalui program Save Our School (SOS) membantu pembangunan ruang kelas di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Muhammadiyah Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, seiring akan diselenggarakan Sidang Tanwir Muhammadiyah di provinsi tersebut.
   
Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu, Kepala Sekolah MTS Muhammadiyah Curup Joni Antoni berterima kasih atas bantuan tersebut.
   
Ruang kelas yang sudah berdiri tersebut diresmikan Lazismu sebagai rangkaian kegiatan pra-Tanwir Muhammadiyah yang berlangsung pada 15-17 Februari 2019.
   
Menurut Joni, MTS tersebut awalnya berdiri pada 1988 di Talang Rimbo Baru. Hingga tahun 2004 kondisi madrasah memprihatinkan, sedikit murid dan sarana prasarana mimimal.
   
Setelah madrasah pindah ke Desa Kampung Delima pada 2004, kata dia, pertumbuhan sekolah mulai membaik dengan pertambahan murid dan lokasi lebih luas, sarana kegiatan belajar mengajar meningkat termasuk memiliki satu masjid sendiri.
   
Seiring dengan animo masyarakat yang besar terhadap MTS Muhammadiyah Curup, Joni mengatakan ruang kelas tidak memadai untuk menampung murid yang akan bersekolah di madrasah tersebut. "Karena murid bertambah dan ruang kelas kurang, maka Lazismu memberikan bantuan dalam bentuk tiga ruang kelas baru," kata dia.
   
Dia mengatakan pihaknya akan segera menambah fasilitas lain yaitu aula serba guna.
   
Sementara itu, Badan Pengurus Lazismu, Nuryadi Widjiharjono, mengatakan siapa saja agar belajar dari sejarah Muhammadiyah.
   
"Belajar bagaimana dakwah dan pendidikan berjalan dan berkembang hingga hari ini. Semangat pencerahan dan berkemajuan ini harus terus hidup. Momentum Sidang Tanwir di Bengkulu ini adalah semangat pencerahan untuk tetap bergerak maju," paparnya.
   
Karena itu, kata dia, tidak hanya sarana dan prasarana yang diperbaiki tapi kemampuan guru di MTS Muhammadiyah Curup juga harus ditingkatkan agar pembelajaran agama Islam dan ke-Muhammadiyahan dapat mencerahkan anak didik.*


Baca juga: MDMC-Lazismu hibur masyarakat Pohgading, Lombok Timur

Baca juga: Lazismu gelar ekspedisi zakat ke Saparua

 
 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019