Sumsel (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mencatat sebanyak 12 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 1.243 TPS di wilayah tersebut rawan karena jarak tempuh yang jauh dan sulit dijangkau dalam pendistribusian logistik Pemilu 2019.

"Sebanyak 12 TPS jauh tersebut tersebar di empat kecamatan di OKU meliputi Kecamatan Sosoy Buay Rayap, Lengkiti, Peninjauan dan Kecamatan Ulu Ogan," Ketua KPU Ogan Komering Ulu (OKU), Naning Wijaya di Baturaja, Jumat.

Naning mengatakan 12 TPS kategori rawan tersebut memiliki kondisi jalan yang hanya bisa dilewati kendaraan roda dua jenis trail atau kuda.

Untuk itu, dalam pendistribusian logistik ke TPS rawan tersebut, pihaknya juga menyiapkan diri untuk menyewa kuda warga setempat sebagai alat angkut perlengkapan pemilu seperti kotak suara dan bilik suara, bila kondisi jalan basah sulit dilintasi kendaraan roda dua.

Dengan demikian diharapkan logistik pemilu dapat sampai tepat waktu sebelum hari pencoblosan.

"Jadi tidak akan menggangu pendistribusian logistik pemilu dipastikan H-3 harus sudah sampai ke PPK dan H-1 tiba di TPS," tegasnya.

Ia mengungkapkan, perjalanan menuju 12 TPS tersebut membutuhkan waktu dua jam bila kondisi jalanan kering, namun bila hujan mengguyur waktu yang dibutuhkan lebih dari lima jam.

Pewarta: Edo Purmana
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2019