hujan sedang-lebat berpotensi mengguyur wilayah Jabodetabek sejak Sabtu (16/2) mulai pukul 23.45 WIB sampai dengan Minggu (17/2) pukul 02.00 WIB.
Jakarta (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini hujan sedang-lebat di wilayah Jabodetabek pada Minggu.

Berdasarkan data yang dihimpun dari akun Twitter resmi @BPBDJakarta, hujan sedang-lebat berpotensi mengguyur wilayah Jabodetabek sejak Sabtu (16/2) mulai pukul 23.45 WIB sampai dengan Minggu (17/2) pukul 02.00 WIB.

Wilayah terdampak antara lain Pondokaren, Ciputat Timur, Pesanggrahan, Cilandak, Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, Mampang Prapatan, Pancoran, Makasar, Kramatjati, Jatinegara, Duren Sawit, Cipayung Jaktim, Ciracas, Pasar Rebo, Jagakarsa, Pasar Minggu, Ciputat, Ciledug, Larangan, Tebet, Setia Budi, Mustika Jaya, Bantar Gebang, Tambun Selatan, Cikarang Barat, Setu Bekasi, Cibitung. 

Hujan kemungkinan meluas ke wilayah Gunungsindur, Limo, Pancoranmas, Beji, Cimanggis, Tapos, Sukmajaya, Cilodong, Cipayung Depok, Sawangan, Bojongsari, Cisauk, Pagedangan, Curug, Sepatan Timur, Kosambi, Teluknaga, Pakuhaji, Sepatan, Pasarkemis, Cikupa, Rawa Lumbu, Bekasi Timur, Babelan, Gunungputri, Cileungsi, Bantar Gebang, Mustika Jaya, Bojonggede, Tajurhalang, Cibinong, Citeureup, Klapanunggal, Parung, Ciseeng, Kemang, Sukaraja, Babakanmadang dan sekitarnya.

Kondisi ini diperkirakan berlangsung hingga Minggu (17/2) pukul 02.00 WIB.

BPBD DKI Jakarta telah menginstruksikan camat dan lurah di daerah rawan banjir atau longsor untuk mengambil tindakan antisipasi dengan menyiagakan personel PPSU dan segera menindaklanjuti genangan di wilayahnya.

Sebelumnya BPBD DKI Jakarta juga telah mengumumkan ada sejumlah wilayah di kawasan Jakarta Timur dan Jakarta Selatan yang tergenang air akibat luapan Kali Ciliwung, pada Sabtu (16/2).

Kelurahan yang terdampak luapan Kali Ciliwung antara lain Pejaten Timur, Pengadegan, Rawajati, Kebon Baru, Balekambang, Cawang, Cililitan, Kampung Melayu dan Bidaracina.

Baca juga: Sejumlah jalan di Jakarta tergenang akibat hujan deras

Baca juga: BMKG imbau waspadai hujan dan angin kencang di Jakarta Minggu

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019