Bandarlampung, Lampung (ANTARA News) - Personel Batalion Infanteri 9 Marinir TNI AL di Lampung, mengimbau masyarakat daerah setempat untuk menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah ke laut.

"Jadikan momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) untuk menjaga kebersihan lingkungan termasuk pantai," kata Wakil Komandan Batalion Infantri 9 Marinir, Mayor Marinir Piski AP, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan, HPSN diperingati sebagai motivasi utama untuk semakin baik dalam pengelolaan sampah sebagai upaya pendorong dan semangat bersama masyarakat sebagai pedoman pengelolaan sampah secara terintegrasi hulu ke hilir.

Menurut dia, kebijakan dan strategi nasional pengelolaan sampah rumah tangga harus terus dilakukan.

"Harus ada sinergi antara masyarakat setempat dan lingkungan sesuai program yang dicanangkan oleh pemerintah untuk mewujudkan masyarakat yang bersih dan sehat serta untuk mewujudkan kehidupan yang bernilai produktif dan berbudaya," katanya.

Ia mengharapkan, seluruh komponen masyarakat Lampung mengambil peran aktif dan nyata berkontribusi menjaga di lingkungan masing-masing.

Hal itu, kata dia, dapat terlaksana jika seluruh lapisan masyarakat dan pemangku kepentingan terkait berkontribusi mengambil peran secara aktif dan tidak semata-mata diserahkan ke pihak tertentu saja.

"Saya mengajak ikut ambil bagian daIam mewujudkan Lampung bersih dengan membuang sampah pada tempatnya dan meminimalkan jumlah sampah yang kita buang," katanya.

Dirinya mengajak masyarakat agar menyayangi lingkungan dengan membersihkannya dari sampah untuk keberlangsungan hidup generasi ke depan.

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019 ini mengusung tema kelola sampah untuk hidup nersih sehat dan bernilai.

Pewarta: Agus Sukarta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019