Simalungun (ANTARA) - Masyarakat yang akan mudik Lebaran 2019 diimbau agar meningkatkan kewaspadaan bahaya longsor bila melintas di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) tepatnya di  Parapat, Desa Sibaganding, Kecamatan Girsang Simpa­ngan Bolon, Kabupaten Simalungun.

Berdasarkan pantauan ANTARA yang melakukan kegiatan Liputan Jalur Mudik 2019 di Parapat, Jumat (17/5), di kawasan tersebut merupakan jalur perlintasan pemudik dari berbagai provinsi karena itu diminta waspada terhadap bahaya bencana longsor yang sewaktu-waktu bisa  terjadi.

Material longsor susulan dari perbukitan Danau Toba bisa kapan saja mencelakai warga yang melintas  ditambah intensitas  hujan yang masih sering terjadii di daerah itu.

Saat terjadi longsor terakhir pada Desember tahun lalu, Kepala  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut, Riadil Lubis meminta masyarakat yang menggunakan jalur alternatif  berhati-hati.

Untuk mengantisipasi kondisi tersebut sebaiknya pemudik maupun pengguna jalan dapat memilih jalan alternatif untuk menuju Parapat atau Kota Pematangsiantar.

Jika dari arah Balige menuju Pematangsiantar mau­pun Medan sebaiknya melalui Siborongborong-Dolok Sanggul hingga dari Sidikalang menuju Merek.

Dari Balige menuju Kisaran atau Rantauparapat hendaknya melalui jalur Por­sea menuju Parhitean hingga Aek Kanopan.

Kemudian bila pemudik menuju Pematang­siantar-Parapat dan Balige dapat mengambil jalan alternatif dari simpang palang melalui perbukitan Sitahgoan hiingga Girsang Simpangan Bolon.

Sedangkan dari arah Tapanuli menuju Medan juga bisa memilih alternatif dari Pelabuhan Ajibata (Toba Samosir), kemudian ke Samosir dan menyeberang lagi ke Pelabuhan Tiga Ras untuk melanjutkan perjalanan ke Pematang Siantar- Medan.




Baca juga: Jalan nasional Siantar - Parapat di Sumut longsor lagi
Baca juga: WALHI: penyebab longsor parapat akibat penebangan pohon

Pewarta: Juraidi dan Septianda
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019