Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan mendorong aparatur sipil negara (ASN) di daerahnya untuk memaksimalkan keluarkan dana untuk Sedekah Lima ratus Sehari (Semari).

"Saya mendorong ASN di masing-masing organisasi untuk memaksimalkan program Semari guna membantu kegiatan sosial anggota masyarakat kurang mampu," katanya di Sungailiat, Sabtu.

Bupati mengatakan kegiatan sosial ini bukan suatu kewajiban bagi ASN untuk menyisihkan uang sebesar Rp500 perhari untuk dikumpulkan dan disalurkan kembali bagi masyarakat kurang mampu.

"Meskipun tidak diwajibkan, namun melalui program sosial ini mendorong ASN untuk bersama-sama peduli dengan masyarakat umum lainnya yang kurang mampu," katanya.

Bupati mengimbau masyarakat umum lainnya yang dianggap mampu agar melakukan hal sama untuk mendukung program Semari agar dana sosial yang dihimpun terus bertambah.

"Semakin banyak masyarakat yang menghimpun dana melalui Semari, dana bantuan sosial ini akan cepat bertambah. Saat ini total dana Semari mencapai lebih dari Rp70 juta," katanya.

Dia mengatakan, direncanakan ke depan sumbangan dana Semari akan ditingkatkan dari Rp500 per hari menjadi Rp1.000 per hari.

"Masyarakat yang kurang mampu dan sedang mengalami masalah sosial seperti sakit, akan mendapatkan bantuan dengan nilai bantuan disesuaikan," katanya.

Bantuan sosial melalui program Semari, disalurkan hanya sekali bagi penerimanya.*



 

Pewarta: Kasmono
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019