gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang melintas di wilayah Kabupaten Jayapura
Jayapura (ANTARA) - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura, Provinsi Papua menyatakan gempa bumi tektonik berkekuatan 4,8 Skala Richter mengguncang wilayah Kabupaten Jayapura, pada Minggu, pukul 16.04 WIT.

Kepala BBMKG Wilayah V Jayapura Petrus Demon Sili di Jayapura, Minggu, mengemukakan episenter gempa bumi itu terletak di koordinat 2,87 Lintang Selatan-140,09 Bujur Timur.

Gempa tersebut tepatnya di darat pada jarak 57 kilometer arah barat daya Kabupaten Jayapura dengan kedalaman 34 kilometer.

"Dampak gempa berupa guncangan yang dirasakan di III MMI di Sentani. Ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang melintas di wilayah Kabupaten Jayapura," kata dia.

Dia menjelaskan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 16.34 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Dia mengimbau masyarakat setempat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh berbagai isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya

Petrus memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg).

Baca juga: Gempa magnitudo 5,4 di Jayapura akibat sesar Mamberamo
Baca juga: Gempa 5,2 SR guncang di Jayapura

 

Pewarta: Musa Abubar
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019