Koba, Babel (ANTARA) - Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh melepas sebanyak 186 calo jamaah haji (CJH) untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Makkah.

"Kami hanya menyampaikan selamat beribadah haji kepada CJH, jaga kesehatan dan doakan semoga daerah ini aman dan damai," ujar Ibnu Saleh dalam sambutanya di Koba, Senin.

Ia berpesan kepada CJH jaga kesehatan, tetap semangat dan jadikan haji sebagai ibadah yang menyenangkan serta doakan masyarakat daerah itu untuk diberi kesempatan berhaji.

Baca juga: Wakil Presiden apresiasi layanan "jalur cepat" bagi jamaah haji

"Jaga kekompakan dalam rombongan, saling bantun, tolong menolong dan saling mengingatkan," ujarnya.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Tengah, Muhammadiyah mengatakan jumlah CJH yang berangkat tahun ini sebanyak 186 orang.

Baca juga: Embarkasi Padang berangkatkan 7.035 calon haji pada 2019

"Mereka tergabung dalam dua kloter yaitu kloter 7 dan 8 yang diberangkatkan pada 12 dan 13 Juli 2019 melalui embarkasi haji Palembang, Sumsel," ujarnya.

Ia menjelaskan, bersama para CJH juga diberangkatkan sebanyak dua pendamping dan tiga tenaga medis untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada para jamaah haji.

Baca juga: 67 persen calon haji Jawa Barat berisiko tinggi sakit

"Sebenarnya total kuota yang berangkat tahun ini sebanyak 187 orang, namun satu orang meninggal dunia sehingga yang berangkat dipastikan sebanyak 186 orang," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019