Komitmen kami adalah layanan terbaik bagi seluruh pengguna jasa bandara termasuk jamaah haji yang berangkat dari Soekarno-Hatta
Yogyakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura II siap melayani penerbangan haji di lima bandara keberangkatan haji, salah satunya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang mulai melayani penerbangan haji sejak Minggu (7/7).

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis di Yogyakarta, Senin, mengatakan penerbangan haji perdana Kloter 1 di Soekarno-Hatta itu dilepas oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla di Terminal 2D Soekarno-Hatta.

Dalam kesempatan itu Wapres Jusuf Kalla juga meninjau fasilitas terbaru bagi jamaah calon haji di Terminal 2D yang membuat proses keberangkatan jamaah semakin mudah, cepat dan lancar.

Wapres JK memuji fasilitas tersebut sebagai suatu kemajuan yang dapat mempersingkat birokrasi.

Fasilitas dimaksud merupakan lounge yang dibangun AP II di Terminal 2D dengan kapasitas 1.500 orang, dilengkapi toilet, mushala, 15 loket imigrasi/ “pre clearence system” khusus di Terminal 2D untuk percepatan layanan keimigrasian Arab Saudi.

Baca juga: Pertamina tambah pasokan avtur layani penerbangan haji

Adanya layanan keimigrasian di fasilitas membuat jamaah haji dapat merasakan layanan “fast track” perihal keimigrasian.

Awaluddin mengatakan lounge bagi jemaah haji tersebut merupakan salah satu inovasi terbaru hasil kerja sama antara AP II dan Pemerintah Arab Saudi.

"Komitmen kami adalah layanan terbaik bagi seluruh pengguna jasa bandara termasuk jamaah haji yang berangkat dari Soekarno-Hatta."

Awaluddin berharap lounge terbaru ini dapat turut mengantarkan jamaah haji untuk beribadah dengan khusyuk nantinya di Tanah Suci, mempersiapkan diri sebelum keberangkatan.

Baca juga: Bandara Soekarno-Hatta siap layani jamaah haji dari empat embarkasi

Pada tahun 2019 ini Bandara Internasional Soekarno-Hatta melayani keberangkatan jamaah calon haji dari sebanyak 631 kloter yang berasal dari empat embarkasi yaitu DKI Jakarta, Lampung, Jawa Barat dan Banten.

Selain Soekarno-Hatta, AP II juga melayani penerbangan keberangkatan haji melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh), Kualanamu (Deli Serdang), Minangkabau (Padang) dan Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

Di Bandara Sultan Iskandar Muda terdapat 12 kloter (4.359 jemaah), lalu Kualanamu sebanyak 22 kloter (8.292 jamaah ), Minangkabau sebanyak 18 kloter (6.222 jamaah), dan Sultan Mahmud Badaruddin II sebanyak 19 kloter (8.049 jamaah).

"Di masing-masing bandara tersebut, Angkasa Pura II menyiapkan petugas khusus agar penerbangan haji dapat berlangsung lancar tanpa kendala. Fasilitas di seluruh bandara itu juga siap melayani penerbangan haji dari pesawat berbadan lebar yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia dan Saudi Airlines," ujarnya.

Baca juga: Penerbangan perdana CJH Riau dimajukan dua hari

Baca juga: Kemenhub periksa kelaikan pesawat persiapkan angkutan haji


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019