Temanggung (ANTARA) - Bank Jateng membantu rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 100 unit rumah dan jamban keluarga di Kabupaten Temanggung sebesar Rp1,5 miliar atau masing-masing unit Rp15 juta.

Direktur Bisnis Ritel dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng, Hanawijaya di Temanggung, Senin, mengatakan selain itu Bank Jateng juga membantu pembangunan rehabilitasi Masjid Darrul Iqomah di Desa Wonosari, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung Rp100 juta.

Secara simbolis bantuan rehabilitasi RTLH tersebut disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Desa Kalimanggis, Kecamatan Kaloran pada Sabtu (20/7).

Ia menyebutkan penerima bantuan rehabilitasi RTLH tersebut tersebar di 10 desa di 10 kecamatan, masing-masing mendapat 10 unit, yakni Desa Kalimanggis Kecamatan Kaloran, Desa Malebo Kecamatan Kandangan, Desa Balerejo Kecamatan Tlogomulyo, Desa Botoputih Kecamatan Tembarak.

Kemudian Desa Banaran Kecamatan Gemawang, Desa Mondoretno Kecamatan Bulu, Desa Gunungsari Kecamatan Bansari, Desa Bandunggede Kecamatan Kedu, Desa Tegalrejo Kecamatan Ngadirejo, dan Desa Jeketro Kecamatan Kledung.

Hanawijaya mengatakan pemberian bantuan rehabilitasi RTLH bagi masyarakat miskin agar mereka memiliki tempat tinggal yang layak ini merupakan upaya Bank Jateng untuk berperan dalam meningkatkan kesehatan, kesejahteraan, dan kualitas hidup masyarakat penerima bantuan, khususnya di wilayah Kabupaten Temanggung.

Ia menuturkan program pembangunan RTLH ini ikut mendukung program pemerintah dalam rangka penanggulangan kemiskinan.

Kemudian manfaat dari kegiatan rehabilitasi Masjid Darrul Iqomah di Kabupaten Temanggung untuk memberikan sarana ibadah yang lebih baik bagi masyarakat di Dusun Dukuh, Desa Wonosari, Kecamatan Bulu.

Selain itu, untuk memfasilitasi kegiatan ibadah yang dapat memberikan kenyamanan dalam melaksanakan ibadah masyarakat di dusun tersebut.

Ia mengatakan penyaluran dana sosial Bank Jateng pada Januari hingga 19 Juli 2019 untuk bantuan kemitraan sebesar Rp12.319.640.510.*

Baca juga: 3.692 rumah rusak akibat gempa di Lombok Utara sudah dibangun kembali

Baca juga: TMMD di Trenggalek fokus rabat jalan dan rehabilitasi rumah warga

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019