Mahasiswa kuliah lapangan di perusahaan tambang di Malut

id Tambang

Mahasiswa jurusan pertambangan Unkhair Ternate, kuliah lapangan di perusahaan tambang Harita Nickel Division untuk pelajari kegiatan eksplorasi dan penggalian tanah untuk mendapatkan ore dengan kadar nikel (Abdul Fatah)

Ternate (ANTARA) - Mahasiswa Fakultas Teknik Pertambangan  Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, Maluku Utara  menggelar kuliah lapangan di perusahaan tambang Harita Nickel Division untuk pelajari kegiatan eksplorasi dan penggalian tanah untuk mendapatkan ore dengan kadar nikel.

"Selain itu, kuliah lapangan untuk memahami pelaksanaan tahap-tahap reklamasi yang membuat area pascatambang menjadi asri kembali," kata Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan (HMTP) Unkhair, Irham Galela dihubungi dari Ternate, Rabu.hu

Kegiatan yang berlangsung di Site Kawasi, Kabupaten Halmahera Selatan, melibatkan 10 mahasiswa, tiga dosen dan beberapa perwakilan departemen Harita Nickel yang memberikan materi seputar pertambangan.

Menurut dia, dalam kuliah lapangan ini, mereka mendapatkan penjelasan konsep good mining practice (GMP) yang menjadi pedoman Harita Nickel Division dalam melakukan kegiatan pertambangan.
Baca juga: Inovasi mahasiswa Unpad ubah kulit jeruk jadi pembasmi jentik

Bahkan, beberapa pemaparan program kerja yang berkaitan dengan lingkungan (environment), keamanan dan keselamatan (safety), mine plan engineering (MPE) serta corporate social responsibility (CSR) membuat pengetahuan mahasiswa terhadap pertambangan semakin luas dan penjelasan itu juga kian meyakinkan para peserta Kuliah Lapangan bahwa operasi tambang yang dilakukan Harita Nickel Division berlangsung secara berkesinambungan dan bertanggung jawab.

Kuliah Lapangan ini tidak semata-mata berlangsung di dalam ruangan, setelah mendapat pemaparan teori dari para ahli, para peserta yang sudah dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) itu pun mendapat kesempatan mengelilingi area tambang untuk melihat secara langsung berbagai proses pertambangan nikel.

Oleh karena itu, dirinya mengapresiasi Harita Nickel yang telah menerima dan memfasilitasi para peserta Kuliah Lapangan dengan baik, karena dalam kunjungan Kuliah Lapangan ini, kami bisa mendapatkan pengalaman baru serta bisa mengaplikasikan teori yang kami dapat di kampus.

Sedangkan, Dosen Pembimbing, Hilda Alkatiri ST,MT bersyukur karena Kuliah Lapangan ini dapat berlangsung dengan lancar dan menyisakan kesan yang baik. Menurutnya kegiatan ini menjadi bukti kerja sama antara Harita Nickel Division dan FTP Unkhair yang terus terjalin.

Baca juga: Sabut kelapa mengandung antibiotik alternatif
"Selain Kuliah Lapangan, terdapat pula ragam kerja sama lain yang sudah berlansung antara kedua pihak seperti Kerja Praktik, Studi Komparatif, Tugas Akhir hingga Penelitian Dosen," ujarnya.

PT Harita Group merupakan perusahaan tambang nikel di Malut yang memiliki sistem penambangan dan pengolahan ideal serta sistem manejemen yang baik, sehingga dapat dijadikan contoh penambangan nikel bagi mahasiswa jurusan Teknik Pertambangan dalam Kuliah Lapangan.

Sementara itu, Deputy Head CSR and External Relation Harita Nickel Division, Alexander Lieman, menyambut baik kegiatan Kuliah Lapangan ini.

Menurutnya, Kuliah Lapangan ini merupakan kegiatan pedana Harita Nickel Division bersama Unkhair.

"Kami sangat senang bisa berkontribusi dan juga berharap ke depannya, kerja sama seperti ini bisa terus terjaga dan berguna demi mendidik putra-putri daerah. Kami sebagai perusahaan tambang di sini sangat berharap untuk dapat berkontribusi dalam memajukan generasi penerus dalam bidang pertambangan," ujarnya.
Baca juga: UTU Meulaboh gelar lomba inovasi untuk mahasiswa Indonesia-Malaysia

Pewarta : Abdul Fatah
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar