Dari 10 kawasan Bali baru yang akan diwujudkan Pemerintah, terdapat empat kawasan yang menjadi prioritas untuk dikembangkan menjadi “Bali Baru” yaitu Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Danau Toba.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kunjungan ke Sumatera Utara meninjau rencana pengembangan infrastruktur transportasi di Danau Toba yang menjadi salah satu daerah prioritas untuk sebagai destinasi wisata unggulan Indonesia.

“Siang ini  Menhub  dijadwalkan bertolak ke Danau Toba untuk meninjau langsung rencana pengembangan infrastruktur transportasi yang ada di sana. Kementerian Perhubungan sangat mendukung program untuk mewujudkan Danau Toba sebagai destinasi wisata unggulan,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Hengki Angkasawan di Jakarta, Minggu

Dari 10 kawasan Bali baru yang akan diwujudkan Pemerintah, terdapat empat kawasan yang menjadi prioritas untuk dikembangkan menjadi “Bali Baru” yaitu Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Danau Toba.

Di Danau Toba, Menhub akan meninjau beberapa dermaga pelabuhan seperti di Pelabuhan Muara, Pelabuhan Ajibata dan Pelabuhan Ambarita.

Direncanakan pada Senin (29/7), Presiden Joko Widodo akan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sumatera Utara dan dijadwalkan Menteri Perhubungan akan mendampingi Presiden dalam kunjungannya tersebut.

Kementerian Perhubungan terus melakukan perbaikan baik dalam aspek keselamatan maupun pelayanan pada transportasi penyeberangan yang ada di Danau Toba Seperti Pelabuhan Muara, Ajibata, Ambarita dan pelabuhan lainnya yang menjadi pelabuhan untuk masyarakat dan wisatawan dari dan menuju ke Pulau Samosir dan sekitarnya.

Baca juga: Kemenhub latih pelaku usaha transportasi Danau Toba

"Di sana Menhub juga akan meninjau kapal-kapal di pelabuhan penyeberangan untuk mengecek apakah sudah melakukan SOP keselamatan dengan baik dan benar, sudah ada life jaket dan pendataan manifest yang jelas. Keselamatan merupakan hal utama yang harus diperhatikan," ungkap Hengki.

Saat ini, Pemerintah telah melakukan pembangunan pelabuhan penyeberangan di 8 (delapan) lokasi pelabuhan utama di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, yaitu pelabuhan Ajibata, Ambarita, Simanindo, Tigaras, Muara, Balige, Tongging dan Marbun Toruan.

Kemudian, membangun kapal penyeberangan sebanyak 3 unit kapal Ro-Ro dan 1 Unit Bus Air, termasuk K.P Ihan Batak yang telah diresmikan.

Pemerintah juga melakukan peningkatan kualitas SDM bagi para pengelola pelabuhan di KSNP Danau Toba. Sosialisasi keselamatan juga telah dilakukan melalui penerapan Bulan Keselamatan Pelayaran di Danau Toba, ramp check kapal, pembagian jaket keselamatan dan life buoy.

Mendampingi Menhub dalam kunjungan tersebut Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi dan jajaran Pemerintah Daerah.
Baca juga: Menhub targetkan angkutan bus menjadi angkutan favorit masyarakat

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019