Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo menerima Tim Sea Games Vietnam 2021 Tahun 2022 di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Senin, untuk memberikan arahan sekaligus menyerahkan bonus bagi para atlet.

Presiden memberi apresiasi atas kebijakan Kementerian Pemuda dan Olahraga yang mengurangi jumlah atlet yang berlaga, serta menghargai perolehan medali oleh para atlet di Sea Games Vietnam.

"Dari 499 atlet, 408 delapan atlet semua memperoleh medali, baik perak, emas maupun perunggu," kata Presiden Jokowi di Jakarta, Senin.

Capaian Sea Games Vietnam, menurut dia, cukup baik, di mana Indonesia fokus pada perolehan hasil dan tidak terlampau banyak mengirim atlet.

"Betul yang disampaikan Menpora, membangun ekosistem yang baik itulah yang membuahkan hasil. Kerjanya juga fokus, kirim nggak usah sebanyak-banyaknya, tapi hasilnya meningkat," kata Presiden.

Pada kesempatan itu Presiden menyerahkan bonus bagi atlet dan jajaran pelatih.

Baca juga: "Squid Game" siap kembali untuk musim kedua
 

"Hari ini kita serahkan bonus penghargaan kepada para atlet, pelatih dan asisten pelatih. Untuk atlet kurang lebih Rp130.500.000.000, untuk pelatih dan asisten pelatih Rp32.000.000.000," ujar Kepala Negara.

Presiden berharap bonus itu dapat menjadi motivasi bagi para atlet lain untuk mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Vietnam sebagai tuan rumah ditetapkan menjadi juara SEA Games edisi ke-31 ini dengan 205 emas, 125 perak, 116 perunggu. Disusul Thailand dengan 92 emas, 103 perak dan 136 perunggu.

Kemudian peringkat ketiga diraih Indonesia dengan 69 emas, 91 perak dan 81 perunggu.

Baca juga: Berrettini kalahkan Murray untuk raih gelar Stuttgart Open

 

Namun bagi Indonesia, SEA Games kali ini benar-benar berbeda.

Untuk kali pertama, negara berpenduduk 270 juta jiwa ini hanya mengirimkan 499 atlet yang terjun di 32 cabang olahraga dan 315 nomor pertandingan atau hanya separuh dari kekuatan di SEA Games Filipina 2019 yakni 841 atlet dari 52 cabang olahraga. Di Manila, Indonesia mengumpulkan 72 emas, 84 perak, serta 111 perunggu yang berakhir di urutan empat.

Walau memangkas jumlah atlet, hasil yang diraih Kontingen Indonesia cukup mengejutkan karena mampu melampaui target empat besar yang ditetapkan pemerintah.

Indonesia mampu bertengger di tempat terhormat, yakni peringkat tiga atau naik satu tingkat dibandingkan capaian di Manila, Filipina tahun 2019.

Baca juga: Apriyani/Fadia fokus untuk Indonesia Open pekan depan



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden terima Tim Sea Games Vietnam 2021 di Istana

Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor : Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2024