IM Ervan selangkah lagi menangi duel melawan pecatur Filipina

id IM Mohamad Ervan,Indonesia,Catur,Japfa Chees Festival 2022,IM Medina Wardha Aulia

IM Ervan selangkah lagi menangi duel melawan pecatur Filipina

Pecatur Indonesia IM Mohamad Ervan (kiri) memetik kemenangan pertama atas wakil Filipina GM Darwin Laylo dalam duel internasional Japfa Chess Festival 2022 di Gedung Serbaguna, Senayan, Jakarta, Sabtu (10/9/2022). (ANTARA/HO-PB Percasi)

Jakarta (ANTARA) - Pecatur putra Indonesia IM Mohamad Ervan selangkah lagi untuk memastikan kemenangan atas GM Laylo Darwin dalam duel internasional Japfa Chees Festival 2022.

Memasuki babak keenam yang dijadwalkan bergulir di Gedung Serbaguna, Senayan, Jakarta, Rabu (14/9), IM Ervan memimpin dengan mengantongi 3 poin. Sedangkan lawannya 2 poin.

Dengan kata lain, IM Ervan hanya butuh hasil remis untuk bisa mengalahkan pecatur Filipina yang memiliki elo rating 2439 tersebut.

Dari lima babak yang telah berlangsung, persaingan sengit terjadi antara IM Ervan dan GM Darwin. Bahkan empat babak di antaranya berakhir dengan remis, termasuk pada babak kelima, hari ini.

Satu-satunya kemenangan IM Ervan terjadi pada babak pertama, Sabtu (10/9). Hasil tersebut sekaligus menjadi modal awal pecatur dengan elo rating 2395 ini untuk mengarungi duel bertajuk Japfa Grandmasters Match 2022 putra tersebut.




Sedangkan dalam pertandingan sektor putri, pecatur Indonesia IM Medina Wardha Aulia mengalami nasib berbeda. Posisinya berada di ujung tanduk menyusul kekalahan yang dialami dari WGM Gong Qianyun asal Singapura pada babak kelima, hari ini.

Hasil tersebut membuat IM Medina yang memiliki elo rating 2383 tertinggal 2-3 dari lawannya yang mengantongi elo rating lebih rendah yakni 2271.

Sejak awal, IM Medina dan WGM Qianyun bersaing ketat, terlihat dari dua babak pertama yang berakhir remis.

Kemudian pada babak ketiga, Selasa (12/9), IM Medina meraih kemenangan. Sayangnya, pada babak keempat yang berlangsung pada hari yang sama, kondisi berbalik. IM Medina gagal mempertahankan keunggulan.

Kondisi tersebut kembali terjadi pada pertandingan hari ini. IM Medina kembali kalah dari pecatur asal Singapura tersebut yang membuat posisinya makin tertekan.

Pada babak keenam, IM Medina wajib menang. Sebaliknya, lawan hanya butuh hasil remis untuk menyudahi pertandingan enam babak tersebut dengan kemenangan.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: IM Ervan selangkah lagi menangi duel lawan pecatur Filipina