Hoki es target perak di Kejuaraan Asia Cup Kuala Lumpur

id hoki es, ice hockey

Hoki es (Foto ANTARA / dok twitter) (1)

"Untuk kejuaraan ini hanya timnas putra yang ikut karena Indonesia memang baru punya timnas putra untuk hoki es," kata Roy.

Jakarta, (Antara) - Tim hoki es putra Indonesia menargetkan bisa merebut setidak-tidaknya medali perak di Kejuaraan Asia IIHF Ice Hockey Challenge Cup of Asia Division I yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, 24-30 Maret 2018. 

"Kalau bisa kami ingin dapat minimal medali perak. Semua negara peserta menjadi pesaing kuat, terutama Malaysia sebagai tuan rumah," ujar anggota Federasi Hoki Es Indonesia (FHEI) yang juga pemain timnas hoki es Indonesia Roy Nugraha kepada Antara di Jakarta, Rabu. 

Roy melanjutkan, demi mewujudkan target tersebut, timnas hoki es putra Indonesia terus mempersiapkan diri, berlatih tiga kali dalam seminggu di Bintaro, Tangerang dan Jakarta. 

Nantinya ada 21 pemain yang disiapkan ke kejuaraan tersebut, di mana tiga nama di antaranya adalah pemain cadangan. 

"Untuk kejuaraan ini hanya timnas putra yang ikut karena Indonesia memang baru punya timnas putra untuk hoki es," kata Roy. 

Sebagai informasi, ada enam negara yang menjadi peserta di International Ice Hockey Federation (IIHF) Hockey Challenge Cup of Asia Division I di Malaysia yakni Malaysia sebagai tuan rumah, India, Oman, Makau, Qatar dan Indonesia. 

Ini merupakan keterlibatan perdana timnas hoki es Indonesia di kejuaraan Asia itu. 

Timnas hoki es Indonesia sendiri merupakan timnas baru yang dibentuk pada tahun 2016. Mereka baru merasakan turnamen internasional pada Asian Winter Games 2017 di Jepang dengan hasil pulang tanpa medali. 

Setelah itu, hoki es berlaga di SEA Games 2017 di Malaysia, tetapi tetap tanpa medali. 

Menurut Roy ada beberapa kendala yang dihadapi timnas hoki es dalam berlatih seperti arena yang sangat sedikit dan peralatan yang masih harus impor. 

"Baru ada satu toko yang menjual peralatan hoki es di Indonesia. Itupun kalau beli tidak langsung datang barangnya, harus tunggu sebulan atau dua bulan," kata dia. 

Meski demikian, lanjut dia, hoki Indonesia saat ini sudah mempunyai tim U-22 yang jumlah pemainnya sekitar 35-40 orang. Selain itu, ada pula tim senior yang diisi pemain berumur di atas 30 tahun. 

Para pehoki muda disiapkan untuk mengikuti berbagai kejuaraan hoki es termasuk untuk Olimpiade Musim Dingin 2022 yang akan berlangsung di China. 

"Tim U-22 ini memang disiapkan ke Olimpiade Musim Dingin 2022. Mereka dilatih, digembleng secara fisik dan taktik sesuai program yang sudah disusun. Ke depan, kami berharap bisa mengikuti sedikit-dikitnya dua sampai tiga turnamen internasional per-tahun," kata Roy. 

Pewarta :
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar