Indahnya pura di atas air di Pura Ulun Danu

id pura,pura ulundanu,bedugul,danau bedugul,danau beratan,tabanan,kabupaten tabanan,pariwisata,wisata bali,pura ulun danu Oleh Pande Yudha

Indahnya pura di atas air di Pura Ulun Danu

Beberapa wisatawan asing berjalan di kawasan obyek wisata Pura Ulun Danu Danau Beratan, Tabanan, Bali, Jumat (14/1). (FOTO ANTARA/Nyoman Budhiana/wdy)

Tabanan (ANTARA) - Pura Ulun Danu memang berada di atas air atau di tengah Danau Beratan, Bedugul, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Pura-nya tampak tinggi menjulang, sehingga sangat indah untuk swafoto, apalagi dilatarbelakangi gunung nan asri. Sungguh menakjubkan.

Tidak hanya itu, kawasan wisata di lintasan jalan raya Bedugul-Singaraja itu pun berlatar pegunungan pada dataran tinggi sekitar 1.239 meter dari permukaan air laut (mdpl), sehingga terasa begitu sejuk, terutama pada pagi, bahkan sore hari pun sering berkabut.

Selain itu, pengunjung juga dapat mengelilingi danau dengan menggunakan kapal boat (kendaraan air) dari ujung ke ujung hingga puas. Selain swafoto di danau, sopir boat juga dapat mengajari pengunjung untuk mengemudikan kapal boat.

"View-nya sangat bagus," ucap Ashilah, wisatawan asal Surabaya saat menyaksikan pemandangan pura "di atas air" di Danau Beratan, Bedugul, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali itu.

Tidak hanya Ashilah, para wisatawan mancanegara juga banyak yang tidak mau melewatkan keindahan yang ada, karena itu mereka pun berpose bersama teman dan kerabatnya dengan foto berlatar pura yang ada di danau itu.

Seorang tukang foto komersial menyebut wisatawan mancanegara yang sering datang dari Australia, meski dari negara lain juga ada, seperti China, India, dan beberapa negara ASEAN.

"Wisatawan asing yang berkunjung Bedugul umumnya berasal dari tiga negara yakni Rusia, India, dan Australia," kata Humas Objek Wisata Ulundanu, Made Sukarata.

Ya, bangunan suci yang bertingkat (meru) dan menjulang tinggi di tengah Danau Beratan itu memang menjadi ciri khas yang menampilkan panorama keindahan alam yang bukan sebatas pantai atau danau lagi seperti biasa dinikmati di Pulau Dewata.

Danau di daerah berhawa sejuk yang berjarak sekitar 65 km ke arah utara dari Kota Denpasar itu pun pernah masuk dalam 20 besar objek wisata danau tercantik di dunia versi "The Huffington Post", sebuah laman berita asal Amerika Serikat.

Baca juga: Tahura Djuanda miliki tempat wisata Tebing Keraton