Puluhan murid Sanggar Bimbingan Kampung Baru berwisata studi ke KBRI Kuala Lumpur

id SB Kampung Baru,SIKL,anak Indonesia

Puluhan murid Sanggar Bimbingan Kampung Baru berwisata studi ke KBRI Kuala Lumpur

Murid-murid Sanggar Bimbingan Kampung Baru berfoto bersama para guru, Dharma Wanita KBRI Kuala Lumpur, dan jajaran KBRI Kuala Lumpur, Kamis (4/8/2022). (ANTARA/Virna P Setyorini)

Agar mereka memahami bahwa mereka tidak sendiri dan mampu melihat dunia yang lebih luas

Kuala Lumpur (ANTARA) - Sebanyak 41 murid Sanggar Bimbingan (SB) Kampung Baru, yang dikelola Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Malaysia, mengikuti wisata studi ke Kedutaan Besar RI Kuala Lumpur, Kamis.

Koordinator Sanggar Bimbingan Pendidikan Non Formal KBRI Kuala Lumpur Dadi Rosadi mengatakan tujuan kegiatan itu adalah untuk mengenalkan murid-murid SB kepada perwakilan negara Indonesia di Malaysia.

“Agar mereka memahami bahwa mereka tidak sendiri dan mampu melihat dunia yang lebih luas,” kata Dadi, yang juga koordinator wisata studi tersebut.

Selain di KBRI, kegiatan pembelajaran luar kelas itu juga dilakukan di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), Wisma Duta dan Botanical Garden Kuala Lumpur.

Menurut dia, kegiatan itu adalah agenda kerja sama antara Dharma Wanita Persatuan KBRI Kuala Lumpur, KBRI Kuala Lumpur, SIKL dan Keluarga Besar Pendidikan Non-Formal (PNF) SIKL.

Dodi mengatakan dengan bantuan para donatur, agenda tersebut diadakan secara rutin per dua bulan sekali untuk seluruh SB secara bergantian.

“Kami juga berharap agar agenda ini mampu memotivasi mereka untuk lebih giat belajar demi menggapai mimpi-mimpi besar guna mengabdi pada bangsa,” ujar dia.

Korfung Pensosbud KBRI Kuala Lumpur Yoshi Iskandar sempat bertanya-jawab dengan murid-murid SB Kampung Baru tentang Indonesia, seperti lambang negara, kepala negara, jumlah pulau dan suku bangsa di Indonesia, hingga alat-alat musik tradisional Indonesia yang kebetulan ada di area lobi kedutaan.

Wisata studi itu adalah kegiatan kedua dari rangkaian kegiatan 23 sanggar bimbingan yang ada di seluruh Malaysia.

Dalam kunjungan ke SIKL, murid-murid SB Kampung Baru bermain angklung dan berkenalan dengan pengurus SIKL.

Kepala SIKL Friny Napasti mengatakan meski murid-murid SB tidak bersekolah di sana, tetapi mereka juga murid-murid SIKL. Keterbatasan ruang membuat mereka tidak bisa belajar di tempat yang sama.

Kegiatan dilanjutkan dengan permainan dan kunjungan ke Wisma Duta KBRI Kuala Lumpur sebelum ditutup dengan mengunjungi Botanical Garden.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Puluhan murid SB Kampung Baru berwisata studi ke KBRI Kuala Lumpur
Pewarta :
Editor: Virna P Setyorini
COPYRIGHT © ANTARA 2022