Simak apa manfaat habbatusauda bagi kesehatan tubuh

id habbatusauda,manfaat habbatusauda,obat herbal,jinten hitam,manfaat herbal

Simak apa manfaat habbatusauda bagi kesehatan tubuh

Ilustrasi habbatusauda. (ANTARA/HO)

Meskipun herbal biji jintan hitam ini memiliki banyak manfaat terhadap tubuh, harus tetap diperhatikan takaran dan cara mengonsumsinya
Jakarta (ANTARA) - Habbatusauda atau jinten hitam merupakan salah satu jenis biji-bijian yang banyak digunakan untuk menjaga kesehatan, bahkan bagi umat muslim, herbal itu telah dinyatakan sebagai obat segala penyakit menurut Nabi Muhammad SAW.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si (Herbal) mengatakan penggunaan bahan herbal untuk membantu menjaga kesehatan tubuh relatif lebih aman.

Namun, ia juga mencatat bahwa penggunaan herbal, termasuk habbatusauda, juga harus dengan takaran yang dianjurkan dan tidak berlebihan.

“Meskipun herbal biji jintan hitam ini memiliki banyak manfaat terhadap tubuh, harus tetap diperhatikan takaran dan cara mengonsumsinya. Akan lebih aman jika dikonsumsi dalam dosis yang sudah terukur, misalnya dalam bentuk sediaan suplemen,” kata Inggrid melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Simak beberapa manfaat habbatusauda bagi kesehatan tubuh dari kacamata medis.

Obat beragam penyakit dan meningkatkan produksi ASI

Studi yang dipublikasikan di jurnal Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine pada 2013 menyebutkan habbatusauda banyak digunakan dalam pengobatan berbagai penyakit seperti bronkitis, asma, diare, rematik dan gangguan kulit.

Bagi ibu menyusui, habbatusauda juga memiliki manfaat meningkatkan produksi ASI. Kandungan thymoquinone (TQ) pada habbatusauda membuat biji-bijian hitam ini menjadi kaya manfaat. Selain TQ, kandungan lain juga termasuk protein 20-85 persen, lemak 38,20 persen, serat 7-94 persen, dan karbohidrat 31,94 persen.

Mengatasi masalah kulit

Studi di jurnal Hindawi pada 2017 menyebutkan habbatusauda memiliki manfaat untuk mengatasi beragam masalah dermatologis dan anti-inflamasi mulai dari jerawat hingga luka bakar.
 
Pewarta :
Editor: Virna P Setyorini
COPYRIGHT © ANTARA 2022