"Si Anak Kampeong" peroleh penghargaan di Kanada

id Si Anak Kampeong peroleh penghargaan di Kanada

"Si Anak Kampeong" peroleh penghargaan di Kanada

ilustrasi Apresiasi Untuk Jokowi Founder and Director IFFPIE, Damien Dematra (kedua kanan) menyampaikan keterangan terkait konser 'A Salute to Jokowi' di Jakarta, Jumat (24/10/14). Apresiasi atas pelantikan Presiden Joko Widodo, sejumlah seniman dan

London (AntaraKL) - Film Si Anak Kampoeng atau "The Village Boy" yang disutradarai Damien Dematra memperoleh penghargaan untuk kategori "The Best Family Film" pada ajang festival film bergengsi Canada International Film Festival.

Penghargaan diserahkan pada malam penganugerahan award berlangsung di auditorium Edgewater Casino, Vancouver, Kanada, kata Konsul Penerangan KJRI Vancouver, Yudhono Irawan di London, Selasa.

Film berdurasi 108 menit menceritakan tentang kehidupan masa kecil tokoh Muhammadiyah, Syafii Maarif yang pernah menjabat sebagai Presiden World Conference on Religion for Peace (WCRP) dan pendiri Maarif Institute,

Film the Village Boy masuk dalam 2016 official selections bersama sekitar 22 film lainnya dari berbagai belahan dunia.

Beberapa kategori yang turut dikompetisikan dalam festival film tersebut antar lain 2016 Write Brothers Screenplay Competition, 2016 Rising Star Award, 2016 Royal Reel Winners dan 2016 Award of Excellence.

CIFF merupakan salah satu festival film di Kanada yang diselenggarakan setiap tahun di Vancouver, BC, diikuti sineas dari berbagai belahan dunia, yang tahun 2016 ini menampilkan film-film lebih dari 90 negara di dunia.

Keberhasilan Film Si Anak Kampoeng, menyusul setelah di tahun 2015 tiga film Indonesia berhasil memperoleh penghargaan yaitu film Danum Baputi untuk kategori Environmental Film Competition, "Lets Play Ghost", kategori Foreign Film Competition dan "Im Star" untuk kategori Family Film Competition.

Penyelenggaraan festival film berlangsung selama dua hari dari tanggal 8 hingga 9 April diawali dengan pemutaran film yang masuk nominasi dan resepsi sebagai sarana interaksi dan pertukaran pengalaman antara pelaku dan pemerhati film. Kategori penghargaan yang diberikan beragam mulai dari film, sutradara dan penulis skenario terbaik.

Dalam acara penganugerahan award di Vancouver, KJRI Vancouver diwakili Konsul Penerangan dan Konsul Sosial Budaya menerima piagam penghargaan mewakili pihak P.T Damien Dematra Production yang berhalangan.

Atas nama Damien Dematra, KJRI Vancouver menyampaikan terima kasih kepada organisasi CIFF atas dukungan serta kepercayaan yang diberikan sehingga film Indonesia meraih penghargaan sebagai kategori Best Family Film. Dalam malam penganugerahan award tersebut hadir beberapa pemenang yang berasal dari Malaysia, India, Inggris, Italia dan Amerika Latin.

Vancouver sendiri tidak asing bagi para sineas dunia, baik karena keindahan alamnya yang sering dijadikan sebagai tempat pengambilan gambar maupun keberadaan Vancouver Film School menghasilkan lulusan handal dan berkiprah di kancah perfilman internasional.