Denmark latih pilot Ukraina operasikan F-16

id Konflik Rusia Ukraina,Bantuan Barat Ukraina,Pesawat F16,Denmark Ukraina

Denmark latih pilot Ukraina operasikan F-16

Foto arsip - Pesawat Tempur F16 TNI AU terbang melintas di atas Istana Merdeka saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Jakarta, Selasa (17/8/2021). Aksi delapan pesawat tempur TNI AU itu untuk memperingati HUT Kemerdekaan ke-76 RI. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/wsj.

Kopenhagen (ANTARA) - Denmark menyatakan mulai melatih pilot Ukraina dalam menerbangkan jet tempur F-16 setelah memensiunkan skuadron pesawat tempur AS tersebut lebih cepat dua tahun dari seharusnya.

Menteri Pertahanan Troels Lund Poelsen pada Selasa mengatakan negaranya  memutuskan memensiunkan armada F-16 yang sudah tua karena penggantinya, yakni F-35, segera beroperasi pada 2025 atau lebih cepat dari jadwal semula pada 2027.

"Kami juga tengah mempertimbangkan apakah akan memberikan sumbangan nyata kepada Ukraina dengan pesawat tempur F-15 milik Denmark dan berapa banyak yang akan kami berikan," kata Poulsen kepada media Denmark DR.

Poulsen mengatakan negaranya "sudah mengambil langkah guna memulai latihan dan pelatihan lanjutan untuk pilot-pilot Ukraina."

Menurut dia, para pilot Ukraina ini akan menghabiskan waktu sekitar enam sampai delapan pekan untuk berlatih, sebelum pesawat F-16 sumbangan Denmark itu diberikan kepada Ukraina.

"Ini bukan berarti Anda tak bisa membuat keputusan lebih cepat. Namun (pesawat F-16) masih akan berada di Denmark hingga 2024," tambah dia.

Denmark sudah memesan 27 unit pesawat F-35A dalam upaya menggantikan paling sedikit 30 unit F-16.

Perubahan dalam armada itu diharapkan terjadi  akhir tahun ini hingga akhir 2025.

Sumbangan F-16 sedang dipertimbangkan setelah ada permintaan dari Ukraina agar memperoleh dukungan udara dari  Barat dalam konflik perang Rusia.



Sumber: Anadolu

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Denmark mulai latih pilot Ukraina operasikan F-16