Penyelenggara luncurkan obor kirab Olimpiade Paris 2024

id Olimpiade Paris 2024,Paris 2024,Olimpiade 2024,Paralimpiade 2024

Penyelenggara luncurkan obor kirab Olimpiade Paris 2024

Ketua penyelenggara Olimpiade Paris 2024 Tony Estanguet (kiri) bersama perancang obor Mathieu Lehanneur (kanan) meluncurkan obor untuk Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024 di markas panitia penyelenggara, Paris, Selasa (25/7/2023). (olympics.com)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Penyelenggara Olimpiade Paris 2024 Tony Estanguet bersama perancang obor Mathieu Lehanneur dan mitra produksi ArcelorMittal, Selasa, meluncurkan obor yang akan digunakan selama kirab obor yang dimulai di Paris pada 8 Mei 2024.

Setelah menempuh jarak ribuan kilometer, obor akan menyalakan kuali Olimpiade pada upacara pembukaan Olimpiade. Berselang dua pekan kemudian, perjalanan untuk kirab obor Paralimpiade akan dimulai untuk kembali menyalakan kuali pada upacara pembukaan Paralimpiade pada 28 Agustus 2024.

Obor tersebut nantinya dibawa oleh 11.000 orang -- 10.000 pada Olimpiade, 1.000 pada Paralimpiade -- dalam kirab obor. Meskipun kirab obor dilakukan dalam dua acara yang berbeda, desain obornya persis sama.

"Mengikuti logika kami untuk membangun jembatan antara Olimpiade dan Paralimpiade, pada edisi sebelumnya memiliki lambang dan maskot yang sama. Di Paris 2024, kami juga akan memiliki desain obor tunggal," kata Estanguet dikutip dari laman resmi Olimpiade, Rabu.

"Ini mewujudkan setiap edisi Olimpiade."

"Ketika kita melihat kembali sejarah, setiap obor lebih indah dari yang lain, masing-masing dengan keunikannya sendiri. Setiap negara mencoba menampilkan kreativitasnya dan kami dapat melihatnya," ujar Estanguet.
 
Obor Olimpiade Paris 2024 (olympics.com)




Obor Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024 dibedakan hanya dari segi warna sampanye-nya, yang unik dan bercahaya. Untuk mencerminkan Olimpiade yang akan datang, perancang Lehanneur juga mengambil inspirasi dari tiga simbol Paris 2024, yaitu kesetaraan, air, dan kedamaian.

"Kesetaraan dilambangkan dengan simetri yang sempurna," kata Lehanneur.

"Air dilambangkan dengan gelombang, relief, dan efek getaran. Kedamaian dilambangkan dengan kelembutan lekukan."

Dia juga menjelaskan efek ringan yang ingin dipantulkan oleh obor.

"Kami bekerja seperti pembuat patung, kami tidak ingin menambahkan sesuatu. Dari ide awal, kami justru ingin kembali ke esensi dari apa yang kami cari untuk mendapatkan bahan seminimal mungkin dan seringan mungkin," kata Lehanneur.

"Merancang obor adalah impian perancang. Ini adalah mimpi sekali seumur hidup, seperti pertemuan luar biasa dengan sejarah. Ritualistik dan magis dalam ukuran yang sama, obor adalah objek mitos. Simbol kohesi dan berbagi, obor benar-benar memainkan peran kunci dalam Olimpiade."

"Obor akan menempuh jarak ribuan kilometer, berpindah dari orang ke orang, di darat dan laut. Untuk Paris 2024, dan untuk pertama kalinya dalam sejarahnya, obor bermain dengan simetri yang sempurna, berbicara dengan lebih jelas tentang kesetaraan," ujar Lehanneur.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Penyelenggara luncurkan obor Olimpiade Paris 2024