Hari ke-43 kampanye Pilpres 2024

id Pilpres 2024,Pemilu, Mahfud Md, Prabowo, Prabowo Subianto, Prabowo Gibran, Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar, kampanye

Hari ke-43 kampanye Pilpres 2024

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (tengah) menyampaikan pendapat disaksikan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto (kiri) dan capres nomor urut 1 Anies Baswedan saat adu gagasan dalam Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Jakarta (ANTARA) - Kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa (9/1) sudah memasuki hari ke-43.

Kampanye hari ke-43 itu diikuti oleh tiga pasangan calon yaitu pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pada hari ke-43 kampanye, ketiga pasangan calon dan juga tim sukses masing-masing telah melakukan berbagai kegiatan untuk menyampaikan visi, misi, dan program kerja kepada masyarakat. Berikut rangkuman kegiatan yang sudah dilalui oleh peserta Pilpres 2024.

Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan pada Selasa (9/1) dijadwalkan mengunjungi Pulau Celebes untuk berkampanye di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Namun, agenda tersebut batal terlaksana karena masalah transportasi menuju lokasi yang dilaporkan tidak tersedia.

"Tadi malam kami mendapat kabar ada kendala teknis, sehingga transportasi dari Mamuju menuju Polewali Mandar ternyata tidak tersedia, karena itu terpaksa sekali kami tidak mampir ke Polewali Mandar," kata Anies dalam sebuah rekaman video.

Meski tidak dapat bertemu secara langsung, mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta masyarakat Polewali Mandar untuk tetap menularkan semangat perubahan kepada saudara dan keluarganya.

Setelah gagal menyapa warga Polewali Mandar, capres Anies melanjutkan kunjungan dalam rangka kampanye dengan berdiskusi bersama ratusan buruh serta pedagang asongan di Pasar Panjang, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Anies menyampaikan apresiasi atas semangat dan antusiasme masyarakat Kendari yang telah sama-sama berjuang memenangkan paslon nomor urut 1 pada Pilpres 2024.

Sementara itu, cawapres pendamping Anies Baswedan pada Pilpres 2024 Muhaimin Iskandar bersafari politik di Provinsi Lampung, tepatnya di Kabupaten Lampung Tengah.

Di provinsi berjuluk "Sai Bumi Ruwa Jurai" itu, cak Imin bertemu dengan para simpatisan pasangan capres nomor urut 1 dan secara simbolis melakukan pemukulan kentongan bersama, mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta berpartisilasi mewujudkan Pemilu 2024 yang aman, bersih, bebas dari politik uang, serta menjaga netralitas aparatur negara.

Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka

Pada hari ke-43 kampanye Pilpres 2024, calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto melakukan lawatan ke bebarapa daerah di Pulau Sumatera.

Capres yang masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan tersebut memulai kegiatannya di Gelanggang Olahraga Remaja, Provinsi Riau, untuk bertemu dengan masa pendukungnya dalam kegiatan bertajuk "Konsolidasi Relawan Prabowo".

Di hadapan para simpatisan, Prabowo menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan yang terus mengalir kepada dirinya dan Gibran Rakabuming Raka untuk bisa memenangkan Pilpres 2024.

Pada momen tersebut, Prabowo juga berkesempatan untuk mengklarifikasi beberapa hal yang disampaikan salah satu capres pada debat ketiga Pilpres 2024 khususnya terkait kepemilihan ratusan ribu hektar tanah yang disebut-sebut atas nama dirinya.

"Saudara-saudara ada pula yang menyinggung punya tanah berapa punya tanah ini. Dia mengerti gak ada HGU, hak guna usaha, hak guna bangunan, hak pakai tanah, itu tanah negara saudara, tanah rakyat, tanah bangsa dari pada dikuasai orang asing lebih baik Prabowo yang mengelola, manakala pemerintah memerlukan, saya segera serahkan, ga usah dibawa debat lah," kata dia.

Setelah berkegiatan di Riau, Prabowo kemudian melanjutkan lawatannya ke Provinsi Jambi untuk menghadiri acara silaturahmi Dewan Pimpinan Wilayah Keluarga Besar Pujakesumah, sebelum kemudian mengakhiri hari di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Di sisi lain, Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres Prabowo Subianto, berkampanye di Pulau Dewata Bali.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu menghadiri deklarasi Semeton Gibran dan Arus Bawah Jokowi Bali Memenangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran, di GOR Basket Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Selasa (9/1).

Gibran dalam sambutannya meminta agar sukarelawan bekerja ekstra keras untuk memenangkan ceruk suara di Provinsi Bali yang notabene merupakan "Kandang Banteng".

"Terima kasih sudah hadir di sini. Ini saya titip ya untuk teman-teman relawan, simpatisan partai, ini untuk Bali kita harus ekstra kerja keras ya. Untuk di Bali ini akan kita serukan isu-isu pemerataan pembangunan yang bisa menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Bali Utara," kata dia.

Ganjar Pranowo - Mahfud Md.

Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menyapa masyarakat di Cilacap, Jawa Tengah, pada hari ke-43 masa kampanye Pilpres 2024.

Capres yang diusung PDI Perjuangan, PPP, Hanura, dan Perindo itu mengawali kegiatan dengan mengunjungi Pondok Pesantren Al Ihya Ulumuddin, di Kabupaten Cilacap.

Kunjungan tersebut dalam rangka memperingati haul ke-65 Mbah KH Badawi Hanafi yang merupakan pimpinan pondok pesantren tersebut.

Pada kegiatan selanjutnya, mantan Gubernur Tengah itu bertemu dengan nelayan dan sukarelawan di Kantor Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cilacap, Jawa Tengah.

Di hadapan para nelayan, Ganjar Pranowo mengaku siap menenggelamkan kapal ikan asing yang masih melakukan penangkapan ikan secara ilegal di perairan Indonesia.

"Ada namanya penangkapan ikan secara ilegal, maka saya setuju sama Ibu Susi (Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan). Nyolong (ikan), tenggelamkan (kapalnya)," ujar Ganjar.

Di sela-sela kampanyenya, Ganjar menyempatkan untuk merespons pernyataan Preisden Joko Widodo mengenai data pertahanan yang tidak bisa semua dibuka seperti 'toko klontong'.

Menurut Ganjar, dirinya hanya meminta data umum yang bisa disampaikan secara umum, sehingga bukanlah data pertahanan yang bersifat tertutup atau tidak bisa dikemukakan.

Di hari yang sama, capres nomor urut 3 tersebut juga menghadiri sejumlah pertemuan lain dengan TPC dan caleg partai koalisi sekaligus bertemu dengan generasi z, milenial dan influencers, kemudian beranjak mengakhiri kampanyenya ke Kabupaten Banyumas.

Sementara itu, cawapres Mahfud Md. melakukan berbagai kegiatan sebagai Menkopolhukam, salah satunya mengikuti pertemuan internal bersama Pusat Pelaporan dan Transaksi Keuangan (PPATK), pada pagi hari.

Kegiatan selanjutnya, yakni menghadiri undangan Presiden Joko Widodo di Istana Negara untuk bersama-sama mengikuti acara Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) peningkatan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Setelah kegiatan tersebut, Mahfud meluangkan waktu untuk menjawab sejumlah pertanyaan wartawan terkait data pertahanan negara yang menjadi polemik pada debat ke tiga Pilpres 2024.

Menurut Mahfud, data alat utama sistem persenjataan atau alutsista bukan termasuk rahasia negara yang harus ditutupi.

"Ndak ada dari pertanyaan (selama debat) itu yang harus mengungkap rahasia negara. Itu bisa dibuka di publik karena bukan soal strategi pertahanan. Itu soal alutsista, enggak bisa dibicarakan di ruang tertutup," kata Mahfud.

Kemudian, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut terbang ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mengikuti beberapa agenda bersama TPD, relawan dan sahabat Mahfud Md.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Round up - Hari ke-43 kampanye Pilpres 2024