Kampanye hari ke-52, keseimbangan tugas negara dan politik

id kampanye,Pilpres 2024,Pemilu 2024,Kampanye capres,kampanye cawapres,ganjar pranowo,mahfud md,prabowo subianto,gibran rak

Kampanye hari ke-52, keseimbangan tugas negara dan politik

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (ketiga kiri) didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali (kiri) berjabat tangan dengan kadet Palestina saat menghadiri acara pelepasan keberangkatan kapal RS TNI Radjiman ke Palestina untuk bantuan kemanusiaan di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta, Kamis (18/1/2024). (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

Jakarta (ANTARA) - Sebagian calon presiden dan calon wakil presiden masih menyandang jabatan sebagai penyelenggara negara, sehingga beberapa kandidat yang tidak berkampanye dan memilih fokus menjalankan tugas kenegaraan pada hari ke-52 kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang jatuh pada Kamis (18/1).

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan melaksanakan dua agenda "Desak Anies" pada kampanye hari ke-52 di Jakarta.

Berdasarkan informasi resmi dari Kedeputian Media dan Komunikasi Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas AMIN), Anies memulai kegiatan "Desak Anies" dengan tema tenaga kesehatan serta tema perempuan, agraria dan lingkungan.

Anies menutup rangkaian kampanye dengan silaturahmi kebangsaan bersama Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) di KWI Cikini, Jakarta Pusat.

Sementara, calon wakil presiden Muhaimim Iskandar yang masih memegang jabatan sebagai Anggota DPR RI, tidak melaksanakan agenda kampanye di hari ke-52.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

Pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memilih tidak ambil cuti pada hari ke-52 kampanye Pilpres 2024.

Keduanya memilih bekerja, yaitu Prabowo sebagai Menteri Pertahanan dan Gibran sebagai Wali Kota Surakarta.

Prabowo, pada Kamis pagi, di Dermaga Kolinlamil TNI AL, Jakarta, melepas keberangkatan kapal bantu rumah sakit KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 yang mengantarkan bantuan untuk rakyat Palestina di Gaza via El Arish, Mesir.

Sementara itu, Gibran dijadwalkan menghadiri beberapa acara di Surakarta, Jawa Tengah, sebagai wali kota, Kamis. Dari beberapa agendanya itu, Gibran dijadwalkan menghadiri acara pisah sambut Kepala Kantor Perwakilan  Bank Indonesia di Solo yang baru, yaitu Dwiyanto Cahyo Sumitat yang menggantikan Nugroho Joko Prastowo.

Ganjar Pranowo-Mahfud Md

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo melanjutkan rangkaian kampanye di Ngawi, Jawa Timur, pada hari ke-52 kampanye Pilpres 2024.

Dalam kunjungannya, Ganjar berdiskusi dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, kelompok tani, seniman, hingga buruh pabrik.

Capres berambut putih itu juga menyempatkan diri untuk nongkrong bareng milenial, gen z dan pemengaruh (influencer) dari regional Jawa Timur.

Sementara itu, Mahfud Md libur dari aktivitas kampanye hari ke-52 untuk menjalankan tugas sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Pada Kamis kemarin, Mahfud menghadiri undangan pelantikan pengurus KPPU di Istana Negara, Jakarta dan memberikan sambutan pada acara Entry Meeting Pemeriksaan LK-K/L lingkup AKN 1 di Gedung Auditorium BPK RI, Jakarta.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Round up kampanye hari ke-52, keseimbangan tugas negara dan politik