KPU kirim tim usut surat suara diduga dicoblos di Malaysia

id KPU RI,Idham Holik,Ganjar-Mahfud,PPLN Malaysia,Pemilu 2024,Pilpres 2024

KPU kirim tim usut surat suara diduga dicoblos di Malaysia

PPLN Kuala Lumpur menyamakan nama penerima surat suara yang tertera pada sampul untuk metode pos kepada perwakilan partai politik di Kedutaan Besar Republik Indonesia Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (15/1/2024). (ANTARA/Virna P. Setyorini)

Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan mengirim tim untuk menelusuri surat suara untuk Pemilu 2024 yang diduga dicoblos di Malaysia.

"Kami akan mengirim tim untuk melakukan pendalaman terhadap semua informasi berkenaan dengan pelaksanaan pemungutan suara di Malaysia, baik pemungutan suara pos maupun Kotak Suara Keliling (KSK)," kata anggota KPU RI Idham Holik saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Sampai saat ini, kata Idham, KPU belum dapat mengonfirmasi kebenaran surat suara yang diduga dicoblositu. Oleh karena itu, KPU akan mengecek terkait keaslian surat suara itu.

"Ya itulah fungsi dari tim yang akan diturunkan ke Panitia Pemilih Luar Negeri (PPLN) Malaysia. Segera," tegasnya.

Sebelumnya, beredar video yang menunjukkan surat suara pileg dan pilpres Pemilu 2024 dicoblos di Malaysia. Untuk surat suara Pilpres 2024, dalam video tersebut tampak dicoblos untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KPU kirim tim usut surat suara tercoblos di Malaysia