Prabowo rencanakan pidato di Istora malam ini usai unggul di hitung cepat

id Prabowo Subianto,Capres Prabowo,Prabowo-Gibran,satu putaran,quick count,pemilu 2024,pilpres 2024,hitung cepat

Prabowo rencanakan pidato di Istora malam ini usai unggul di hitung cepat

Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto bersiap memasukkan suara suara Pemilu 2024 ke dalam kotak suara usai mencoblos di TPS 033, Kampung Curug, Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom.

Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto berencana menyampaikan pidato politik di hadapan pendukung dan relawan di Istora Senayan, Jakarta, Rabu malam, setelah dia dan Gibran Rakabuming Raka unggul dalam hasil hitung cepat (quick count) beberapa lembaga survei.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Nusron Wahid menyebut Prabowo dijadwalkan berpidato pada pukul 18.30 WIB.

"Pak Prabowo nanti sekitar pukul 06.30 (sore) akan pidato di Istora, (berangkat, red.) bareng rombongan di sini," kata Nusron saat ditemui pada sela-sela kegiatannya di kediaman Prabowo Jalan Kertanegara No. 4, Jakarta, Rabu sore.

Di Istora, Prabowo dijadwalkan hadir bersama calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju, pengurus partai pendukung, dan petinggi serta anggota TKN Prabowo-Gibran.

Sejak Rabu siang sekitar pukul 14.00 WIB, massa yang mayoritas merupakan relawan dan pendukung Prabowo-Gibran, mulai berdatangan ke Istora untuk bersama-sama menyaksikan quick count dari beberapa lembaga survei. Tidak hanya di Istora, tempat-tempat lain yang hari ini digunakan untuk menyaksikan hasil hitung cepat, yaitu Djakarta Theater dan Hotel Bidakara.

Beberapa lembaga survei seperti Charta Politika, KedaiKOPI, dan Populi Center dalam hasil hitung cepat (quick count) mereka memprediksi pasangan Prabowo-Gibran unggul dalam perolehan suara Pilpres 2024. Lembaga-lembaga itu, berdasarkan hasil hitung cepat, juga memperkirakan pemilihan presiden-wakil presiden berlangsung satu putaran dimenangkan oleh pasangan Prabowo-Gibran.

Dalam hasil hitung cepat Populi Center, misalnya, pasangan Prabowo-Gibran memperoleh 60,67 persen suara dari data yang masuk sebesar 40,40 persen per 15.30 WIB.

Dari data yang sama, pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 22,57 persen, dan pasangan calon nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md 16,76 persen.

Kemudian, hasil hitung cepat Charta Politika menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan suara 57,11 persen dari 60,2 persen data yang masuk per 16.01 WIB.

Dari hasil hitung cepat yang sama, pasangan Anies-Muhaimin memperoleh 26,22 persen suara, sementara pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud memperoleh 16,67 persen.



Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Kemudian, ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Pemilu 2024 juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara Pemilu 2024 dilakukan secara serentak untuk memilih calon anggota legislatif serta presiden dan wakil presiden pada tanggal 14 Februari 2024.

Sementara itu, untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, Pemilu 2024 diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 01, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 02, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 03.

Sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai 20 Maret 2024.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Unggul hitung cepat, Prabowo dijadwalkan berpidato di Istora malam ini