Gempa magnitudo 4,6 mengguncang Kabupaten Batang timbulkan kerusakan

id Gempa Batang, magnitudo

Gempa magnitudo 4,6 mengguncang Kabupaten Batang timbulkan kerusakan

Seorang pegawai Kabupaten Batang sedang membersihkan sisa puing bangunan yang runtuh akibat gempa berskala magnitudo 4,6 di Batang, Minggu (7/7/2024). (ANTARA/HO-Humas Kabupaten Batang)

Batang (ANTARA) - Gempa dengan kekuatan magnitudo 4,6 mengguncang beberapa wilayah di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, sehingga mengakibatkan sejumlah rumah penduduk dan gedung perkantoran rusak.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Batang Muhamad Fajri di di Batang, Ahad, mengatakan saat ini pihaknya masih mengerahkan sejumlah tim ke beberapa titik yang terdampak gempa yang terjadi pada pukul 14.35 WIB.

Berdasarkan pantauan titik pusat gempa terjadi di Batursari, perbatasan Kabupaten Batang dan Pekalongan.

"Wilayah yang mengalami dampak gempa kerusakan rumah penduduk seperti di Desa Lebo, Karangasem, Masjid Agung Batang, pendapa kabupaten, dan Pasar Batang," katanya.

Menurut dia, pihaknya belum mengetahui penyebab terjadinya gempa tersebut. Namun, komunikasi secara intensif dilakukan dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Dikatakan, titik gempa ada di sebelah Barat Daya, namun gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan Tsunami.

Untuk saat ini pihak BPBD bersama aparat terkait masih melakukan pendataan kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa.

"Rekan-rekan masih di lapangan untuk melakukan pendataan kerusakan yang terjadi akibat gempa. Nanti kami kabarkan lebih lanjut. Saat ini para relawan masih melaksanakan pendataan dan membantu korban yang terkena reruntuhan," katanya.*